MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING PROMPTING

Enok Pipin, Dede Salim Nahdi, Yoyo Zakaria Ansori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning tipe Probing Prompting dengan berbantuan media gambar pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai, di kelas IV SDN Sukamenak 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk prosedur berdaur (siklus). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukamenak 1 Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes dan persantase ketuntasan siswa dalam tes pemahaman konsep matematika meningkat dari pra-siklus hingga siklus kedua. Dengan demikian di simpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Probing Prompting dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords


pemahaman konsep; cooperative learning tipe probing prompting; matematika

Full Text:

69-75


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/je.v4i2.2419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.