PENGARUH MODEL ECOLITERACY TERHADAP SIKAP ILMIAH DI SEKOLAH DASAR

Devi Afriyuni Yonanda, Yuyu Yuliati, Budi Febriyanto, Dudu Suhandi Saputra, Dede Salim Nahdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa setelah diterapkannya model ecoliteracy Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang digunakan yaitu quasi ekxperimental design dimana terdapat dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidamukti I dan SD Negeri Sidamukti II yang berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh data skor analisis dengan menggunakan rata-rata skor terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 80,27 dan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 70,77 maka terlihat perbedaan sebesar 9,5. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis denga menggunakan uji independet sample t-test test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,000 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil posttest dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran ecoliteracy. Hal ini berarti terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran ecoliteracy terhadap sikap ilmiah siswa.


Keywords


model ecoliteracy; sikap ilmiah

Full Text:

110-117

References


Anindiya, S., Putri, P., Dewi, C., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2019). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Guided Inquiry Berbantuan Media Papan Putar pada Tema Pahlawanku Kelas IV. 2(2), 198–203.

Boehnert, J. (2015). Ecological Literacy in Design Education - A Theoretical Introduction. FormAkademisk - Forskningstidsskrift for Design Og Designdidaktikk, 8(1). https://doi.org/10.7577/formakademisk.1405

Cahyaningsih, U. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707

Capra, F., & Stone, M. K. (2010). Smart by Nature: Schooling for Sustainability. The Journal of Sustanaibilty Education, May.

Fatonah, S. (2014). Pembelajaran Sains. Ombak.

Febriasari, L. K., & Supriatna, N. (2017). Enhance Environmental Literacy throughProblemBasedLearning. Journal of Physics: Conference Series, 895, 12163. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012163

Hendracipta, N. (2016). MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD), 2(1), 1689–1699.

Herlambang, Y., & Yusepa. (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika “SYMMETRY,” 4(1), 521–538.

Jasin, M. (2012). Ilmu Alamiah Dasar. Rajawali Pers.

Kurniasari, R. (2015). PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA DALAM MEMILAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MELALUI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN SINDANG I KEC. SUMEDANG UTARA KAB. SUMEDANG. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniawati, L. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA terpadu materi sistem peredaran darah siswa di SMP N 3 Kendal. UIN Walisongo Semarang.

Melani, R., & Sugiharto, B. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Biologi Siswa Sma Negeri 7 Surakarta the Influence of Guided Discovery Learning Methode. Pendidikan Biologi, 4(1), 97–105.

Nahdi, D. S., & Apriadi, F. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i2.1256

Nugraha, R. G. (2016). MENINGKATKAN ECOLITERACY SISWA SD MELALUI METODE FIELD-TRIP KEGIATAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322

Nurfajriani, N., Azrai, E. P., & Sigit, D. V. (2018). HUBUNGAN ECOLITERACY DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMP. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 63. https://doi.org/10.25273/florea.v5i2.3126

Oktapyanto, R. (2017). Ecoliteracy Literasi Dasar Yang Terlupakan. PT. Lontar Digital Asia.

Okur-Berberoglu, E. (2015). The Effect of Ecopodagogy-Based Environmental Education on Environmental Attitude of In-service Teachers. International Electronic Journal of Environmental Education, 5(2). https://doi.org/10.18497/iejee-green.09988

Okur-Berberoglu, E. (2018). Development of an ecoliteracy scale intended for adults and testing an alternative model by structural equation modelling. International Electronic Journal of Environmental Education, 8(1), 15–34.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Putri, S. U., & Nikawanti, G. (2018). PENGENALAN GREEN BEHAVIOUR MELALUI ECOLITERACY PADA ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10538

Rusmana, N. E., & Akbar, A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1–12.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukaesih, S. (2011). Analisis Sikap Ilmiah Dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 28(1), 125934. https://doi.org/10.15294/jpp.v28i1.5628

Supriatna, N. (2016). Local Wisdom In Constructing Students’ Ecoliteracy Through Ethnopedagogy And Ecopedagogy. In Proceedings of the 1st UPI International Conference on Sociology Education (UPI ICSE 2015). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.28

Valentine, D. A. (2016). PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA DALAM PEMANFAATAN KEBUN KARET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(2), 217. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1458

Wisudawati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Yonanda, D. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 12–23. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.8674

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Devi Afriyuni Yonanda, yuyu yuliati, Budi Febriyanto, dudu suhandi saputra, dede salim nahdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.