PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Dina Ayuningsih, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan  hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Matematika kelas 5. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1Ngambakrejo.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 Ngambakrejo setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal tersebut dibuktikandengan peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu pada tahap siklus I nilai rata-rata 62,3. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77. Pada hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan, hal tersebut ditunjukan dariketuntasan hasil belajarsiswapada tahap siklus I sebanyak 11 siswa denga persentase 40,7dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 19 siswa  dengan persentase 70,3.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Full Text:

94-99

References


Fisher, Alec. 2012. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Masitoh, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Inquiry Discovery Learning di Kelas IV SDN Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 13-14.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Pramudita, W., & Anugraheni, I. (2017). Studi Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 70-82.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Nurdyansyah, (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Vitasari, R. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(3).

Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dina Ayuningsih, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.