Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa
Abstract
Abstrak—Rendahnya pemahaman matematik harus menjadi fokus guru dalam merancang pembelajaran yang mengtasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan pemahaman matematik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahyau dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Hopkins, dan dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian berkolaborasi dengan satu orang guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahayu. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari meningkatkan kemampuan pemahaman matematik setiap siklusnya.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa, Pembelajaran Berbasis
Masalah.
Full Text:
PDFReferences
Amir, M, T.(2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Penetahuan. Jakarta: Kencana Prenada media Group, Jakarta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bramby, P. at. all .(2007). How Can We Assess Mathematical Understanding? Diterbitkan di: Durham University, United Kingdom
Hariyanto dan Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Padmavathy, R.D. and Mareesh, K.(2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, Vol-II, Issue-I, Jan -2013ISSN 2277 – 4262
Ruseffendi, E.T. (2006).Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematik auntuk Meningkatkan CBSA. Bandung:Tarsito
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik : Apa, Bagaimana, dan Mengapa dikembangkan Pada Peserta Didik. [online] Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/BERFIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf.
Suyatno, (2009), Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Penerbit Masmedia Buana Pustaka, Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i2.723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.