Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa

Erik Santoso

Abstract


Abstrak—Rendahnya pemahaman matematik harus menjadi fokus guru dalam merancang pembelajaran yang mengtasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan pemahaman matematik merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematik setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahyau dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Hopkins, dan dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian berkolaborasi dengan satu orang guru matematika di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa kelas X MM 1 SMK Galuh Rahayu. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari meningkatkan kemampuan pemahaman matematik setiap siklusnya.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa, Pembelajaran Berbasis

Masalah.


Full Text:

PDF

References


Amir, M, T.(2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Penetahuan. Jakarta: Kencana Prenada media Group, Jakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bramby, P. at. all .(2007). How Can We Assess Mathematical Understanding? Diterbitkan di: Durham University, United Kingdom

Hariyanto dan Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Padmavathy, R.D. and Mareesh, K.(2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, Vol-II, Issue-I, Jan -2013ISSN 2277 – 4262

Ruseffendi, E.T. (2006).Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematik auntuk Meningkatkan CBSA. Bandung:Tarsito

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik : Apa, Bagaimana, dan Mengapa dikembangkan Pada Peserta Didik. [online] Tersedia: http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/BERFIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf.

Suyatno, (2009), Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Penerbit Masmedia Buana Pustaka, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i2.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.