PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PANINEUNGAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA
article.abstract
Atribut produk adalah unsur-unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen yang dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian, selain itu kualitas pelayanan yang baik dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Karena atribut produk dan kualitas pelayanan dapat merubah persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga dapat memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan. Atas dasar itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis datanya adalah analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dengan pengolahan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk atribut produk berada dalam kategori cukup baik, untuk kualitas pelayanan berada dalam kategori cukup baik dan keputusan pembelian berada dalam kategori sedang. Hasil uji parsial atribut produk tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil  uji  simultan atribut  produk dan kualitas pelayanan  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Â
Kata Kunci : Atribut Produk, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Edi Suwardji. 2012. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU (Studi Kasus pada Dealer Suzuki Sanggar Mas Jaya karawang)â€. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Karawang.
Fandy Tjiptono. 2008. Pemasaran Stategik. Bandung: Bayumedia Publishing.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Mohamad Fauzi Rahman. 2015. “Pengaruh Atribut Produk dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Samsung di Wilayah Kecamatan Majalengka Wetanâ€. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Majalengka
Rambat Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Rika Rahmatriana. 2013. “Pengaruh Atribut Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan Sari Rasa Sambel Hejo Cabang Karawangâ€.Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Keempatbelas. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Uswatun Hasanah. 2012. Pengaruh Keragaman Menu, Harga dan Kualitias Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Waroeng “SSâ€. Artikel Jurnal Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.