EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN SAINTIFIK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH SENAM PRAKTEK

Indrayogi Indrayogi, Tatang Suryadin

Abstract


Abstract

The scientific approach is intended to provide understanding to students in knowing, understanding various materials using a scientific approach, that information can come from anywhere, at any time, not dependent on information in the direction of the teacher ". Therefore, learning conditions that are expected to create motivation and are directed to encourage students to find out from various sources of observation, not told. The purpose of this study is as follows: "to find out about the effectiveness of the use of scientific approach to student motivation in Practice Gymnastics Courses". In this study the authors want to have a target that will later be useful for teachers to make it easier in the teaching and learning process, as for the output targets to be achieved are: Can know the problems in the learning process and programs that can be done to overcome these problems, can improve the quality of results study, as well as being published in journals. The method used in this research is descriptive research method. The location of this research was carried out in the GGM Majalengka Building. The subject of this research is the Physical Education Study Program Students Semester I. This research uses total sampling. A total of 75 students. The instrument used is the assessment rubric. Analysis of the data used in this study was the t-test. Based on the results of the study it was concluded that the use of an effective scientific approach in improving Student Learning Motivation in Gymnastics Practice Courses.

Keyword: Scientific Approach, Learning Motivation, Gymnastics Floor

 

Abstrak

Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru”. Oleh karena itu, kondisi pembelajaran yang diharapkan terciptanya motivasi dan diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber observasi, bukan diberi tahu. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: “untuk mengetahui mengenai efektivitas penggunaan scientific approach terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam Mata Kuliah Senam Praktek”. Dalam penelitian ini penulis ingin memiliki target yang nantinya akan dapat bermanfaat bagi para pengajar agar mudah dalam proses belajar mengajar, adapun target luaran yang ingin dicapai adalah: Dapat mengetahui permasalahan dalam proses pembelajaran dan program yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, serta dipublikasikan dalam jurnal.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Gedung GGM Majalengka. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Semester I. Penelitian ini menggunakan total sampling. Yang berjumlah 75 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan penggunaan scientific approach efektif dalam meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Senam Praktek.

Kata Kunci: Scientific Approach, Motivasi Belajar, Senam Lantai


Full Text:

45-52


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/je.v4i2.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.