MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
article.abstract
Pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada siswa sebagai manusia yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang, pemerintah mendorong pelaksanaan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar berorientasi pada pembelajaran yang dirancang agar mengaktifkan anak mengembangkan kreatifitas sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Pembelajaran matematika di sekolah bertujuan mengkontruksi pengetahuan dari konteks benda-benda konkret sebagai titik awal bagi siswa guna memperoleh konsep matematika. Benda-benda konkret dan objek-objek lingkungan sekitar dapat digunakan sebagai konteks pembelajaran matematika dalam membangun keterkaitan matematika melalui interaksi sosial. Siswa perlu diberi kesempatan agar dapat mengkontruksi dan menghasilkan matematika dengan cara dan bahasa mereka sendiri dan mengembangkan strategi pemecahan masalah sehingga diharapkan memperoleh strategi yang bervariasi melalui guru sebagai mediator pembelajaran. Hasil kerja dan kontruksi siswa selanjutnya digunakan untuk landasan pembangunan konsep matematika. Optimalisasi pengetahuan siswa dari objek-objek lingkungan sekitar memunculkan adanya pembelajaran matematika yang bersifat nyata yang disebut Realistic Mathematics Education. Hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa begitu pentingya penerapan model Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Full Text:
72-78DOI: http://dx.doi.org/10.31949/je.v3i2.1645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.license.cc.by-sa4.footer