Pengembangan Modul Integral Menggunakan Geogebra berbasis revolusi 4.0

Ma’ulfi Kharis Abadi, Nur Hidayanti

Abstract


Penelitian ini menggunakan aplikasi geogebra dalam membuat materi integral, dengan tujuan mempermudah dalam memberikan materi kepada mahasiswa. Karena banyak kendala yang dialami dalam memberikan materi integral yang sifatnya dimensi tiga jika dalam menulis manual di whiteboard. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan modul integral dengan menggunakan aplikasi GeoGebra berbasis revolusi 4.0 sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Banten Jaya, sedangkan sampel yang diambil adalah mahasiswa program studi teknik sipil pada fakultas teknik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa modul yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak digunakan dengan uji ahli dan bisa dilanjutkan untuk dijadikan bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Hidayanti, N. (2020). Analysis of Informatics Engineering Students in Completing the Problem of Calculus I. 410(Imcete 2019), 67–69. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.018

Hidayanti, N., & Sutanto. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) TERHADAP PEMECAHAN BARIS DAN DERET MATEMATIKA. 1(2), 26–36.

Iji, C. O., Ogbole, P. O., & Uka, N. K. (2014). Effect of improvised instructional materials on students achievement in Geometry at the Upper Basic Education Level in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. Educational Research and Reviews, 9(15), 504–509. https://doi.org/10.5897/err2014.1778

Laipaka, R., & Kasma, U. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Pembelajaran E- Learning Menggunakan ADDIE Model. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri, 18–19.

Majerek, D. (2014). Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8(24), 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567

Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2006

Perwita, D. P., Kandika, P. S., & oktrisma, yesni. (2019). Analisis Model Pengembangan Bahan Ajar (4D, Addie, Assure, Hannafin Dan Peck). https://doi.org/10.31227/osf.io/7bydx

Saparwadi, L. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral Melalui Kegiatan Lesson Sudy Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 No 1(Januari 2015), 35–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.3072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :