Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Yeni dwi Kurino

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah diantaranya siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran, belum terlihat kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa belum maksimal serta siswa belum mampu memecahkan persoalan yang diberikan.  Dengan demikian diperlukan solusi kegiatan pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan siswa serta membantu siswa untuk menemukan dan mengembangkan pengetahuannya dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Cijati tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkannya model  POE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif tipe kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan membandingkan keduanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Cijati yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan mean skor terhadap hasil belajar Matematika diperoleh mean hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 65,60 dan mean hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 54,90 maka terlihat perbedaan sebesar 10,7. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan tarafsig. 0,05 yaitu sebesar p= 0,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis dengan menggunakan uji independet sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,0008 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan model POE. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan model POE terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Saeputri, Dkk,. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan Paikem Terhadap Hasil Belajar Matematika“. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan. Vol. 5 (1). Hlm. 15-23

Suyono dan Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Oktaviani,Dkk,. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD“. Jurnal Basicedu. Vol. 2 (2) Hlm 5-10

Sappaile,Dkk,. (2018). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar SiswaSMP Negeri Di Kota Rantepao“. Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol. 2 (2) Hlm. 253-266

Kurino,YD (2019) “Meningkatkan kemmapuan kognitif siswa melalui Predict Observe Expalin “.Jurnal Theorem volume 4 no.1.

Sugiyono, (2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â