Pembelajaran Aritmatika Sosial Melalui Metode Kerja Kelompok Di Kelas VII H SMP Negeri 1 Tukdana

Warlan Warlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika agar menjadi lebih baik (maksimal) baik secara individu maupun klasikal. Proses pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar khususnya mata pelajaran matematika dan hasil belajar yang tidak optimal.  Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan Metode Kerja Kelompok yang menekankan aspek-aspek pembagian dalam kelompok besar, penyampaian melalui ceramah, demonstrasi, praktek mengamati dilapangan dan diskusi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu ((1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi hasil penelitian tindakan. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Tukdana Kabupaten Indramayu pada semester genap Tahun pelajaran 2013/2018, yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai, yaitu: 1.Hasil awal  menunjukkan skor rata-rata 58,25. Hasil pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 70,25. Hasil pada siklus II naik menjadi skor rata-rata: 83,50.        Aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Matematika pada materi  “Aritmatika Sosial“ siswa yang mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan permasalahan cukup meningkat. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan atau permasalahan meningkat. Siswa yang menyampaikan pendapat meningkat. Siswa yang memperhatikan secara aktif meningkat. Siswa yang bekerja dan belajar secara aktif cukup meningkat.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, 1997, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Pustaka setia.

Dahlan, M.D, 1990, Model-model Mengajar, Bandung: Penerbit Diponegoro.

Dave Meler, 2005, The Accelerated Learning Handbook (Panduan Kreatif dan Effektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan,Penerbiat Mizan Pustaka, Bandung.

Hari Mulyadi, 2008, Modul Model Pembelajaran, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia,.

Kokom Komalasari, 2010, Pembelajaran Kontekstual Konsep Aplikasi, Bandung, Penerbit PT. Refika Aditama.

Ngalim Purwanto, 19886, Psikologi Pendidikan, Bandung: Penerbit Remaja Rosda Karya.

Ruseffendi, ET., 1991, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran untuk Meningkatkan CBSA, Bandung Penerbit Tarsito.

Slameto, 1988, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Penerbit CV.Bina Aksara,.

Suharsimi Arikunto, dkk., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Penerbit: PT. Bumi Aksara.

Team Penyusun MGMP, tt., Rajin Berlatih Matematika untuk MTS/ SMP, semester Ganjil, Kelas VII, Klaten : Penerbit Sekawan.

Usman Effendi, 1984, Pengantar Psikologi, Bandung, Penerbit Angkasa Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â