Efektifivitas Aplikasi Latex Pada Pembelajaran E-Learning Matematika

Masnia Masnia, Tb. Sofwan Hadi, Istianto Budhi Rahardja

Abstract


Matematika merupakan mata kuliah dasar untuk semua mahasiswa yang berada di fakultas teknik. Pada teknologi 4.0 banyak kampus yang memanfaatkannya untuk meningkatkan pembelajaran yang tanpa batas ruang dan waktu yaitu dengan menggunakan pembelajaran e-learning, khusus untuk mata kuliah matematika perlu strategi khusus dalam pembelajaran e-learning tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Latex dalam pembelajaran e-learning matematika. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Teknik Sipil salah satu Universitas Terakreditasi unggul di Jakarta sampel diambil dengan metode simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi latex terhadap pembelajaran e-learning matematika. Hasil penelitian menunjukkan nilai gain minimum matematika 10 nilai maksimum 92 rata-rata 66,7366 dan standar deviasinya 3,82936 dari data tersebut terlihat jelas bahwa hasil pembelajaran e-learning dengan aplikasi latex efektif . Aplikasi Latex efektif digunakan pada pembelajaran elearning matematika matematika karena dosen dan mahasiswa bisa lebih mudah membaca dan berdiskusi di forum serta dosen dapat dengan mudah membaca dan menilai kuis mahasiswa

Keywords


Aplikasi Latex, E-learning, E-learningmatematika

Full Text:

PDF

References


Asandhimitra, dkk. (ed), Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Kamarga, H. 2002. Belajar Sejarah Melalui E-Learning.Jakarta :Intimedia.

Kartasasmita, B. 2004.Berkenalandengan E-Learning.Makalah Seminar pada tanggal 10 Agustus 2004 di UPI Bandung.

Wilson, J. 1997. Self Regulated Learners and Distance Education Theory. [Online].http://www.usask.ca/education/coursework/802papers/wilson.html

HibahPengabdiankepada Masyarakat Fakultas MIPA. Universitas Gajah Mada [online]https://kalkulus.mipa.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/369/2018/08/pelatihanlatex.pdf

Yaniawati, Poppy. 2012. Pengaruhe-Learning untukmeningkatkandayaMatematikmahasiswa. JurnalCakrawala Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta

Indrawan, Rully., Yaniawati, R. Poppy,2014. MetodologiPenelitian.Bandung: PT. REFIKA ADITAMA

Thompson, et al. (2000). Perspective in Quality online Education. [Online]. Tersedia:http://www.sloan-c.org/publications/view/v2n7/pdf

Waller, Vaughan and Wilson, Jim. 2001. A Definition for E-learning†in newsletter of Open and Distance Learning Quality Control. October 2001. (sumberdari internet: 16 September 2005 http://www. odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html).

Soekartawi. 2003.E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang,Makalah pada seminar nasional ‘E-Learning Perlu E-Library’ diUniversitas Kristen Petra, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â