ADDITIONAL MENU
PLAGIARISM POLICY
INDEXING
COPYRIGHT NOTICE
AUTHOR FEES
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi akademik sehingga mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan.Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian kepala madrasah dan pendidik. Kepala madrasah dengan tindakan supervisi akademiknya, sedangkan pendidikMAS Darussalam Sumedang sebagai obyek sekaligus subyek dalam pemberian perlakuan supervisi akademik. Teknik pengumpulan data melalui supervisi kelas dengan tahapan mensupervisi guru dalam proses pembelajaran dan pengamatan pembelajaran di kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian terutama pada waktu proses pembelajaran berlangsung.Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan prosentase (%) pencapaian dengan konstanta 100. Dan untuk melihat interpertasi dengan menggunakan kriteria interpertasi skor untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100% (Baik Sekali), 66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, dari siklus I mencapai rata-rata 63% (cukup) dan pada siklus II mencapai rata-rata 68% (baik). Terdapat peningkatan kemampuan guru sebesar 5% dari siklus I. Secara rinci terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal madrasah bila dibandingkan dengan keadaan akhir pada siklus II. Ketepatan guru masuk ke dalam kelas meningkat 48%, pemanfaatan media belajar meningkat 32%, metode variatif meningkat 31%, dan strategi belajar meningkat 36%.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, supervisi akademik, dan peningkatan mutu.
Â
Arikunto,Suharsimi.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Mukhtar dan Iskandar.2009. Orientasi Supervisi Pendidikan. Jakarta : GPP Press
Nawawi, Hadari.2006.Kepemimpinan Mengefektifkan Organsiasi.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.Jakarta : Depdiknas.
PMPTK, Dirjen, Materi Supervisi Akademik Penguatan Kepala Madrasah dan Pengawas, Jakarta: 2010.
Pidarta,Made.2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim. 1987.Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan.2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-karyawan dan peneliti muda,Bandung : Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.