PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS VI SDN 2 PANUNGGUL KECAMATAN GEGESIK KABUPATEN CIREBON

Endi Rustandi, Toto Sukriyanto

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain terhadap penguasaan teknik dasar lompat jauh di sdn 2 panunggul kecamatan gegesik kabupaten cirebon. Dengan tujuan penerapan metode bermain dalam penelitian ini dapat digunakan menjadi salah satu pembelajaran yang efektif, kreatif dan berpengaruh positif terhadap menurunya tingkat kejenuhan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan desain eksperimen (eksperimen) dengan menggunakan sampel berjumlah 25 sampel (total sampling) dan dari 25 sampel tersebut yaitu siswa kelas VI dan kemudian dilakukan treatment selama 13 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan pretest-post test dengan skala pengukuran dengan teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample T tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berpengaruh terhadap penerapan metode bermain terhadap penguasaaan teknik dasar lompat jauh. Karena nilai T = -6.263 hasil penelitian membuktikan bahwa metode bermain memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penguasaan teknik dasar lompat jauh. Kata Kunci : Metode Bermain, Lompat Jauh

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

bermSalmon, Amira. (2016). “Efektifitas Penggunaan Metode Bermain di Paud Nazareth Oesapa”. Jurnal Pendidikan Anak.

Utami Munandar, (2016). “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain dengan Permainan Balok di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bnadra Lampung”. Jurnal Pendidikan Anak

Sunarto, (2015). “ Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh dengan Metode Bermain Kelas V Sekolah Dasar Siyono 1 Playen Gunung Kidul”. Jurnal Pendidikan Olahraga

Hendrayana, Rahmat. (2014). “Bermain Atletik”. Universitas Pendidikan Indonesia

Giri Wiarto. (2013). “Atletik”. Yogyakarta : Graha Ilmu

M. Fadillah. (2017). “Bermain dan Permainan Anak Usia Dini”. Jakarta : Kencana.

Husdarta, Saputra. (2014). “Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan”. Bandung : Alfabeta

Tite Juliantine, dkk, (2012). “Belajar dan Pembelajaran Penjas”. Universitas Pendidikan Indonesia

Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

https//idtesis.com/metode pembelajaran-permainan




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jr.v2i2.2250

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.