PENGARUH LATIHAN LOMPAT TALI DAN LOMPAT KATAK TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Rudi Rudi, Udi Sahudi, Saeful Mumin

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya ledak otot tungkai pada nomer lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen karena adanya perlakuan yang sengaja ditimbulkan dalam penelitian, Subjek dalam penelitin ini adalah peserta didik sekolah menengah atas Madrasah Aliyah Fatahillah Lohbener, Indramayu. Dengan populasi 29 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, yang berjumlah 29 orang, antara lain laki-laki yang berjumlah 14 orang dan perempuan 15 orang. Dari hasil penghitungan statistika menggunakan program microsoft excel.Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal dan akhir intsrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian produk/prestasi teknik lompat jauh. teknik analisis digunakan teknik pengujian normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis. Data tes awal untuk rata-rata dari pengujian latihan lompat tali dan lompat katak adalah 2,76 sedangkan untuk data tes akhir adalah 2,81. kemudian hasil dari simpangan baku nya dalam tes awal adalah 0,32 sedangkan hasil dari tes akhirnya adalah 0,32. Sedangkan taraf signifkansi nya adalah 0,05 kemudian daftar distribusi t nya adalah 0,806 Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwaa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok. dengan metode latihan lompat tali dan lompat katak. Kata Kunci: Lompat Tali, Lompat Katak, Lompat Jauh Gaya Jongkok.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badriah, Dewi Laelatul. 2013. Fisiologi Olahraga.Bandung: Multazam

Badriah, Dewi Lalatul. 2012. Metodologi Penelitian, Ilmu-Ilmu Kesehatan. Bandung: Multazam

Dikdik, Zafar Sidik. 2011. Mengajar Melatih Atletik. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya Offset.

Sari, Deasy Virka. 2015. Pengaruh Latihan Loncat Katak Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pada Pemain Futsal. Surakarta: Jurusan Diploma IV Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Emral. 2017. Pengantar teori dan metodologi pelatihan fisik. Depok: Kencana.

Florentana. 2015. Pengaruh Pelatihan Lompat Katak Terhadap Kekuatan dan Daya Ledak Otot Tungkai. Malang: Jurnal IKOR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Ilmu Keolahragaan.

Wiarto, Giri. 2013. Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hendrayana, Yudy, Alit Rahmat. 2013. Bermain Atletik. Bandung: Prodi PJKR Jurusan Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Harsono, 2015. Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mardianto, Muhamad Isa. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Pembelajaran Bermain Loncat Katak. Semarang: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Semarang.

Putra, Rahmansyah. 2017. Pengaruh Latihan Jump To Box Dan Latihan Skipping Terhadap Tinggi Lompatan Siswa. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jr.v2i2.2249

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.