PENGARUH METODE DRILL TERHADAP TINGKAT KEJENUHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 KERTASEMAYA INDRAMAYU

Ricky Subagja, Udi Sahudi

Abstract


Ricky Subagja dan Udi Sahudi
Pendidikan Jasmani, Universitas Majalengka
rickysubagja885@gmail.com

ABSTRACT
This research was conducted to determine the effect of the drill method on the saturation level of volleyball extracurricular participants in state junior high school 1 paper. and of these 30 samples were students who took volleyball extracurricular activities, and then were treated for 12 meetings. The instrument in this study was to use a questionnaire with a Likert measurement scale with data processing techniques using validity test, reliability test and t test. The results of this study indicate that the application of the drill method to the saturation level of volleyball extracurricular participants has an effect on decreasing students' boredom with basic volleyball technique with a calculated value for student saturation is 12,350 with probability Sig. (2-tailed) 0,000. Because the probability is Sig. (2-tailed) 0,000 <0.05 then HO is rejected. Specifically, the results show that the application of the drill method shows that the condition of students' boredom in volleyball extracurricular activities after the application of the drill method has significant influence which shows a significant positive decrease in the level of student saturation.
Keywords: Drill Method, Level of saturation, Extracurricular, Volleyball.

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap tingkat kejenuhan peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP negeri 1 kertasemaya. Jenis penelitian ini menggunakan true experimental design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen (eksperiment) dengan desain posttes only control design dan menggunakan sampel berjumlah 30 sampel dan dari 30 sampel tersebut yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli, dan kemudian dilakukan treatment selama 12 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dengan skala pengukuran likert dengan teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode drill terhadap tingkat kejenuhan peserta ekstrakurikuler bola voli berpengaruh terhadap menurunnya sikap kejenuhan siswa dengan materi teknik dasar bola voli dengan nilai t-hitung untuk kejenuhan siswa adalah 12,350 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000. Karena probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05 maka HO ditolak. Secara khusus maka hasilnya menunjukan bahwa penerapan metode drill menunjukan bahwa kondisi sikap kejenuhan siswa dalam ekstrakurikuler bola voli setelah penerapan metode drill secara signifikan terdapat pengaruh yang menunjukan positif signifikan menurunya tingkat kejenuhan siswa.
Kata Kunci: Metode Drill, Tingkat kejenuhan, Ekstrakurikuler, Bola voli.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnyani, N.N.D. Suarni, K.N. Jampel, I.N. 2015. Pengaruh Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Merawat Diri Sendiri bagi Anak Tunagrahita pada Pelajaran Bina Diri Siswa, 1-1.

Astuningtias, I.A. Appulembang, D.O. Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, 54-56.

Broto, P.D. 2015. Pengaruh Latihan Plyometrics terhadap Power Otot Tungkai Atlet Remaja Bola Voli,174-179.

Budiati S., Apriastuti. A. D. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Kesiapan Anak Menghadapi Masa Pubertas, 96-105.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fibrianto, S.A. Bakhri, S. 2017. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta, 75-80.

Firdaus, H. Hidayat, T. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-method) dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) terhadap Kemampuan Siswa dalam Melakukan Smash Bola Voli, 363-370.

Gunarsa D, Singgih. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Khusumawati, E.Z. Christiana, E. 2014. Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar, 1-4.

Kusnita, Nurma. 2018. Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar. 51-53.

Lestari, P. Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler dan Hidden Curriculum, 71-85.

Mahendra, A. 2014. Asas Dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung: UPI.

Mubarok. I. M. 2018. Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman, 143-150.

Muzahid. M. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kualitas Pelatihan, dan Lama Pengalaman Kerja Pegawai terhadap Kualitas Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Aceh Utara, 179-185.

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosdiani, D. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Rudi, 2016. pengembangan model pembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP

Santoso. S. J. 2011. Pengaruh Metode Latihan Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putri SMP Negeri 4 Gamping Sleman, 21-26.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2016. Cooperative Learning. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Vitasari. 2016. Kejenuhan Belajar Ditinjau Dari Kesepian dan Kontrol Diri, 61.

Wulandari, S.I. Hidayat, T. 2014. Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli, 599-605.

Yanti, N. Adawiah, R. Matnuh, H. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di Sma Korpri Banjarmasin, 963-970.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jr.v1i2.1473

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.