MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) PADA SISWA KELAS V SDN PATRAKOMALA KOTA BANDUNG
article.abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Patrakomala pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat, Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Tersebar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Patrakomala dengan jumlah 18 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 4 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Validitas instrument diproses melalui expert judgement dari dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 6,8 meningkat menjadi 7,5 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 8,05. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok.
Â
Kata kunci: hasil belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments).Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hamzah B. Uno. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herman Hudojo. (1992). Pendidikan Mtematika 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Etin Solihatin & Raharjo. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning Metode,Teknik,Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rochmat Wahab & Solehuddin. (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Aneka Cipta.
Soewito dkk. (1992). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumanto dkk. (2008). Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunaryo. (2007). Matematika 5 : untuk SD/MI kelas 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli & Sri Harmianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta
Udin S Winataputra. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : PAU-
PPAI Universitas Terbuka.
Undang Undang no 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1
Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer