PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
article.abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman konsep IPS siswa, dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penggunaan media pembelajaran dengan pemahaman konsep siswa di SDN Kutamanis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas serta menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Pembelajaran Visual dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SDN Kutamanis Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah kelas diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah 52,19 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 35,48% . Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 61,60 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 45,15%. dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 82,45 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 91,93%. Kesimpulan, penerapan pembelajaran Media Pembelajaran Visual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Media Pembelajaran Visual
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer