PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SDN 1 JATIPAMOR
article.abstract
article.subject
Full Text:
PDFReferences
Ahadiat, M. Z. (2020). Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Sikk) Sabah, Malaysia (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.
Çimen, N., & Koçyiğit, S. (2010). A study on the achievement level of social skills objectives and outcomes in the preschool curriculum for six-year-olds. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5612-5618.
Dewanti, T. C., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan antara keterampilan sosial dan penggunaan gadget smartphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(3), 126-131.
Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76.
Downey, D. B., & Gibbs, B. G. (2020). Kids these days: are face-to-face social skills among American children declining?. American journal of sociology, 125(4), 1030-1083.
Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32-37.
Hamre, B. K., & Pianta, R. C. (2001). Early teacher-child relationships and the trajectory of children’s school outcomes through eighth grade. Child Development, 72(2), 625–638. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00301
Handayani, P. (2017). Upaya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), 39-46.
Humaidin, M., Susantini, E., & Haryono, T. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model koopertif tipe two stay two stray untuk melatih keterampilan sosial dan menuntaskan hasil belajar siswa SMP. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 2089-1776.
Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).
Kasim, S. N. O. (2017). Pengembangan panduan permainan tradisional bugis-makassar dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 45-52.
Lappa, C., & Mantzikos, C. (2019). Teaching social skills in small groups of children with multiple disabilities: motor and intellectual disabilities. An intervention program. European Journal of Special Education Research.
Maksum, A., Widiana, I. W., & Marini, A. (2021). Path Analysis of Self-Regulation, Social Skills, Critical Thinking and Problem-Solving Ability on Social Studies Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 613-628.
Martono, E. P., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. E. (2021). Pengaruh keterampilan sosial terhadap kepercayaan diri siswa terisolir. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167-174.
Ogden, T., & Hagen, K. A. (2018). Adolescent mental health. Prevention and intervention (2nd ed). Routledge.
Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484-492.
Prayudha, S. G. (2018). Hubungan Antara Adiksi Game Online Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Rasyidah, N., & Cahyawulan, W. (2021). Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Keterampilan Sosial Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Praksis Bimbingan dan Konseling, 1(1).
Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(5), 171-180.
Rusmayadi, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1), 23-30.
Sari, D. P., & Aviani, Y. I. (2018). Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2018(4).
Silondae, D. P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).
Sørlie, M. A., Hagen, K. A., & Nordahl, K. B. (2021). Development of social skills during middle childhood: Growth trajectories and school-related predictors. International Journal of School & Educational Psychology, 9(sup1), S69-S87.
Sutomo, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).
Virlia, S., & Setiadji, S. (2017). Hubungan Kecanduan Game online dan Keterampilan Sosial pada Pemain Game Dewasa Awal di Jakarta Barat. Psibernetika, 9(2).
Wahid, A. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar ips di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14-30.
Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66-73.
Zsolnai, A. (2002). Relationship between children’s social competence, learning motivation and school achievement. Educational Psychology, 22(3), 317–330. https://doi.org/10.1080/01443410220138548
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer