ANALISIS INSTRUKSIONAL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS LITERASI BUDAYA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA
article.abstract
article.subject
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, C., Anggara, D. S., & Permana, P. S. (2019). Perencanaan pengajaran (Cetakan 1, Issue 1). UNPAM PRESS.
Adha, N., Karma, I. N., & Husniati. (2021). Identifikasi kesulitan guru dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 218–229. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/132
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran terpadu karakteristik, landasan, fungsi, prinsip dan model (N. S. Chaniago & M. Fadhli (eds.); Februari 2). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3585
Armadi, A., & Astuti, Y. P. (2018). Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 185–195. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282
Azizah, D. M., & Surya, A. (2017). Implementasi pembelajaran Bahasa Inggris SD berbasis budaya di Yogyakarta. DWIJACENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 10–18. https://www.academia.edu/30475802/PEMBELAJARAN_BERBASIS_BUDAYA_DALAM_MENINGKATKAN_MUTU_PENDIDIKAN_DI_SEKOLAH
BSNP. (2010). Panduan pengembangan indikator. In Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Manajeman Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan Nasional. https://www.academia.edu/17635164/PANDUAN_PENGEMBANGAN_INDIKATOR_270208
Budhayanti, C. I. S., & Bata, J. (2021). Pengembangan game edukasi untuk materi bangun datar menggunakan lintasan belajar geometri. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 154–163. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.9477
Confrey, J., & Maloney, A. (2015). A design research study of a curriculum and diagnostic assessment system for a learning trajectory on equipartitioning. ZDM Mathematics Education, 47, 919–932. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0699-y
Darmadi, H. (2013). Kemampuan dasar mengajar (Cetakan ke). Alfabeta.
Fatmawati, N., & Kisno. (2017). Pemahaman guru kelas awal sekolah dasar terhadap model pembelajaran terpadu berbasis budaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 119–134. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.502
Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Maryatun, I. B. (2013). Pengembangan tema pembelajaran untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679
Mulyasa, E. (2012). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah panduan praktis (Ceakan ke). Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Y., & Cahyani, I. (2015). Materi pokok keterampilan berbahasa Indonesia SD (Cetakan Ke). Universitas Terbuka.
Nirmala, D., Auliya, S., Afiq, A., & Andi, E. (2015). Pembelajaran berbasis budaya. https://www.scribd.com/document/268529326/Makalah-Pembelajaran-Berbasis-Budaya
Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987
Nurani, A. (2013). Implementasi pembelajaran berbasis budaya pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD segugus 3 Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Tidak dipublikasikan. https://123dok.com/document/yjd7pwky-implementasi-pembelajaran-berbasis-budaya-pelajaran-segugus-kecamatan-kabupaten.html
Offorma, G. C. (2016). Integrating components of culture in curriculum planning. IJCI: International Journal of Curriculum and Instruction, 8(1), 1–8. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1207325.pdf
Rasyid, R., Amran, M., & Satriani. (2021). Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran kurikulum 2013 SDN 210 Bottopenno. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 180–199. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.146
Sukiniarti. (2014). Kendala penerapan pembelajaran tematik di kelas rendah sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/pip.282.6
Suyitno, H. (2008). Hubungan antara bahasa denga logika dan matematika menurut pemikiran Wittgenstein. HUMANIORA, 20(1), 26–37. https://doi.org/10.22146/jh.917
Tamba, K. P., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2018). Learning trajectory of quadratic inequality. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.19166/johme.v2i1.1202
Tjalla, A. (2017). Konsep literasi budaya dan kewarganegaraan dalam kurikulum 2013 (Issue November). Pusat Kurikulum dan Perbukuan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum/data/data/3 Dokumentasi Implementasi/Literasi Budaya dan Kewarganegaraan.pdf
Tusriyanto. (2020). Pengembangan model pembelajaran terpadu berbasis budaya lokal di SD Kota Metro. Elementary, 6(1), 59–72. https://core.ac.uk/display/327210456?recSetID=
Wulan, E. R. (2015). Meningkatkan kemampuan guru matematika dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui pembimbingan workshop kelompok MGMP sekolah. TEKNODIKA, 13(1), 35–46. https://core.ac.uk/download/pdf/289791719.pdf · PDF file
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer