NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN DIRECT INTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD | Kurino | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN DIRECT INTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD

Yeni dwi Kurino

article.abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan contextual teaching and learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan Direct , Peningkatan kemampuan pemahaman  matematis antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (kelas eksperimen) dan pembelajaran Direct Instruction (kelas konvesional), dan Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan  contextual teaching and learning dengan siswa yang belajar menggunakan direct instuction  ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis siswa (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dua SD yang terdapat di Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitiannya adalah Siswa SD kelas IV.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan contextual teaching and learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan Direct Instruction , Peningkatan kemampuan pemahaman  matematis antara siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (kelas eksperimen) dan pembelajaran Direct Instruction (kelas konvesional), dan Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar menggunakan  contextual teaching and learning dengan siswa yang belajar menggunakan direct instuction  ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis siswa (tinggi, sedang dan rendah).

 

Kata kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Direct  Instruction, Kemampuan Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer