KELAYAKAN LKS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SD/MI
article.abstract
Â
article.subject
Full Text:
PDFReferences
Devi, V. P., Wahyudi, & Indarini, E. (2018). Penerapan Metode Number Head TogetherBerbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas 4 SDN Kuripan. Kalam Cendikia, 6(3), 16–20. (http://garuda.ristek.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021
Dewi, N., & Hamdu, G. (2020). LKS Pembelajaran STEM Berdasarkan Kemampuan 4C dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 369–378. (http://garuda.ristekdikti.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021
Fatimah, S., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa pada pembelajaran outdoor berbasis STEM di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 101–107. (http://ejournal.upi.edu), diakses pada 27 Januari 2021
Gillies, R. M., & Ashman, A. F. (1996). Teaching collaborative skills to primary school children in classroom-based work groups. Learning and Instruction, 6(3), 187–200. (http://sciencedirect.com), diakses 28 September 2021
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Literasi Nusantara.
Hildayatni, D., Triwoelandari, R., & Hakiem, H. (2019). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama untuk Mengembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(2), 203–218. (http://e-journal.adpgmiindonesia.com), diakses pada 23 September 2021
İnan, C., & Erkus, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372–1377. (http://erid.ed.gov), diakses pada 28 September 2021
Kelana, J. B., & Pratama, F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi. Lekkas.
Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1). (http://eproccedings.umpwr.ac.id), diakses pada 18 Januari 2021
Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28–35. (http://ojs.unm.ac.id), diakses pada 29 Januari 2021
Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2020). Training Elementary Students’ Collaborative and Entrepreneurship Skills Using Science Student Worksheet Based on Project Learning. 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 616–621. (http://creativecommons.org), diakses pada 28 September 2021
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 430–443. (http://repository.lppm.unila.ac.id), diakses pada 19 Februari 2021
RodrÃguez, A. I., Riaza, B. G., & Gómez, M. C. S. (2017). Collaborative learning and mobile devices: An educational experience in Primary Education. Computers in Human Behavior, 72, 664–677. (http://sciencedirect.com), diakses pada 28 September 2021
Rosada, S., Triwoelandari, R., & Supriatna, I. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Terintegrasi Nilai Agama Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Disiplin. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(1), 134–147. (http://ejournal.iain.kendari.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021
Sampurno, P. J., Sari, Y. A., & Wijaya, A. D. (2015). Integrating STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Disaster (STEM-D) education for building students’ disaster literacy. International Journal of Learning and Teaching, 1(1), 73–76. (http://researchgate.net), diakses pada 29 September 2021
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. (http://ejournal.uinib.ac.id), diakses 11 Februari 2021
Setiawaty, S., Imanda, R., Fitriani, H., & Sari, R. P. (2020). Pengembangan LKS sains berbasis STEM untuk siswa Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, 1(1), 484–489. (http://publikasi.ikipmataram.ac.id), diakses pada 27 Januari 2021
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). “Balloon Powered Car†Sebagai media pembelajaran IPA berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 373–376. (http://ifory.id), diakses pada 25 Februari 2021
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. (http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id), diakses pada 18 januari 2021
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2020). Student worksheet based on Surakarta’s local wisdom in primary school: A preliminary research. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 4(1), 56–65. (http://jurnal.uns.ac.id), diakses pada 29 September 2021
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer