PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER
article.abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep, 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap karakter, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap karakter dan pemahaman konsep. Desain penelitian menggunakan True experimental design dengan bentuk design pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Brebes Kota Kabupaten Brebes 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 206 siswa dengan rincian 101 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 105 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep IPA dan angket karakter siswa. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan analisis varians dua jalur pada taraf signifikansi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep sebesar 15%, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap karakter sebesar 12,2%, 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan karakter sebesar 95,2%. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap karakter, 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan karakter.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Karakter.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer