PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI SOAL CERITA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIHERANG KECAMATAN PAMULIHAN KABUPATEN SUMEDANG
article.abstract
Berdasarkan data awal di kelas IV SDN Ciherang,pada umumnya siswa kesulitan menyelasaikan soal cerita pecahan. Proses belajar-mengajar yang dilakukan guru belum mencerminkan pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, maka diterapkan pendekatan pemecahan masalah dengan pola: memahami masalah yang ada dalam soal cerita, merencanakan penyelesaian dalam soal cerita, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang dikerjakan dalam soal cerita. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan desain penelitian mengacu ke Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, lembar wawancara, catatan lapangan dan tes yang diolah dengan menggunakan validasi data triangulasi, member cek, audit trail dan expertopinion. Penerapan pendekatan pemecahan masalah melalui soal cerita dapat meningkatnya hasil belajar siswa dengan rata-rata hasil tes individu dari data awal sebesar 56, siklus I sebesar 66, siklus II sebesar 73, dan siklus III sebesar 89.
Â
Kata Kunci: pendekatan pemecahan masalah, soal cerita pecahan, hasil belajarFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i2.324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer