NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUBUH HEWAN DAN KEGUNAANNYA DI KELAS II SDN KULUR I KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATEN MAJALENGKA | Hapidah | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUBUH HEWAN DAN KEGUNAANNYA DI KELAS II SDN KULUR I KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATEN MAJALENGKA

Dedeh Hapidah

article.abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kulur I, subjek penelitian adalah kelas II berjumlah 26 orang siswa, terdiri atas 14 laki-laki dan 12 orang perempuan. Uji coba pelaksanaan perbaikan pembelajaran dimulai tanggal 23 dan 30 Oktober 2015. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri Kulur I. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Hal itu dikarenakan pendekatan konstektual mampu meningkatkan minat dan hasil evaluasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, minat siswa kelas II SDN Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual meningkat secara signifikan dan realistik. Peningkatan hasil belajar tersebut diketahui dari hasil tindakan siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 68,18. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,96 dan persentase keberhasilan 38,70% termasuk dalam kategori rendah. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah sebesar 81,29 dengan persentase keberhasilan 74,20 % termasuk dalam kategori tinggi. Dengan melihat data keberhasilan tersebut maka diindikasikan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual berhasil dengan baik.

Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Kontekstual


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer