EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Liyana Sunanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan hasil belajar sains yang disebabkan oleh penggunaan perangkat pembelajaran yang belum menstimulus keterampilan proses, menyebabkan pembelajaran yang kurang bermakna karena siswa tidak diajarkan menemukan konsepnya namun dengan hafalan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains dalam meningkatkan hasil belajar sains dibandingkan dengan siswa yang hanya menggunakan perangkat pembelajaran yang ada di sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif metode quasi experimental dengan desain pre test and post test control group design. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang siginifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains, skor rata-rata hasil belajar sains pada aspek keterampilan proses pada pre test dan post test mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 22,98 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional hanya mengalami kenaikan skor rata-rata sebesar 2,83.

Keywords


hasil belajar sains; keterampilan proses; perangkat pembelajaran

Full Text:

243-249

References


Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education in Student’s Scientific Creativity, Science attitudes and Academic Achievements. Journal of Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 1-21.

Amining, R., Slamet, S., & Dewi, P. S. (2015). Improving Student’s Science Proces Skill in Biology Through. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS (hal. 428-433). Solo: UNS.

Aydogdu, B., Erkol, M., & Erten, N. (2014). The investigation of science process skills of elementary. Journal of Asia-Pacific Forum on Science Learning and teaching, 1-28.

Carin, & Sund. (1981). Teaching Modern Science. New York: Macmillan.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research - 4th Edition. Boston: pearson Education.

Gejda, L. M., & LaRocco, D. J. (2006). Inquiry-based Instruction in Secondary Classroom: A Survey of Teacher Practice. The 37th Annual Northeast Educational Research Association Conference (hal. 1-34). Kerhonkson: NY.

Gurses, A., Cetinkaya, S., Dogar, C., & Sahin, E. (2015). Determination of Levels of Use of Basic Process Skills of High School Students. Journal of Procedia - Social and Behavioral Science, 644-650.

Haidar, D. A., Yuliati, L., & Handayanto, S. K. (2020). The Effect of Inquiry Learning with Scaffolding on Misconception of Light Material among Fourth-Grade Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 540-553.

Igboegwu, E., & Egbutu, R. (2011). Effects of Cooperative Learning Strategy and Demonstration. Journal of Research and Development, Volume 3 No 1 December 2011, 1-10.

Karamustafaoglu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 26-38.

Kurniawan, A., & Fadloli. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS (hal. 410-419). Surakarta: Biology Education Departement Fakulty of Teacher Training and Education UNS.

Mahpudin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 1-8.

Mortimer, E. F., & Scott, P. H. (2003). Meaning Making in Secondary Science Classroom. Philadelpia: Open University Press.

Prasida. (2016). International Education & Research Journal (IERJ), 132-134.

Rustaman, N., Nono, S., Ucu, R., Anna, R., Titi, W., Sandra, S. A., et al. (2015). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Setiawan, A. M., & Sugiyanto. (2020). Science Process Skills Analysis of Science Teacher on Professional Teacher Program in Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 241-247.

Subagyo, Y., Wiyanto, & Marwoto, P. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Penguasan Konsep Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 42-46.

Sukarno, Anna, P., & Ida, H. (2013). The Profile of Science Process Skill (SPS) Student. International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 79-83.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Dipetik Mei 24, 2021, dari Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/337717927_Hasil_PISA_Indonesia_Tahun_2018_Turun_Dibanding_Tahun_2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Liyana Sunanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.