PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Paturaman Desa Sukaratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014)
article.abstract
Pada umumnya pemahaman peserta didik selama ini masih kurang baik, selain faktor dari peserta didik itu sendiri pemilihan model pembelajaran yang kurang kondusif sehingga mempengaruhi pada kemampuan pemahaman matematik peserta didik. Sesuai dengan paradigma pembelajaran matematika yang dikembangkan sekarang ini yaitu menggeser “teaching†menjadi “learning†maka guru diharapkan menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif belajar. Dalam upaya mengembangkan paradigma baru dalam pembelajaran matematika, peneliti akan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yang diharapkan menjadikan peserta didik aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik peserta didik yang lebih baik antara strategi pembelajaran inkuiri dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman peserta didik yang menggunaan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada yang menggunakan model pembelajaran langsung  pada materi himpuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman matematik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Paturaman Kabupaten Garut tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil secara acak menurut kelas dan terpilih dua kelas yaitu V A dengan jumlah 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol yaitu V B dengan jumlah 39 peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis untuk α = 1% ternyata   >  kemampuan pemahaman matematik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik daripada menggunakan pembelajaran langsung. Maka dinyatakan terdapat pengaruh positif penggunaan pembelajaran melalui strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman matematik peserta didik.Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer