ANALISIS DESAIN MANAGEMEN SCIENTIFIC LEARNING PROGRAMS DI SEKOLAH DASAR

Rossi Iskandar, Arita Marini, Mohamad Syarif Sumantri

Abstract


Manajemen sekolah yang efektif adalah mampu mengoptimalkan kinerja organisasi sekolah dan proses pembelajaran yang aktif, kolaboratif, kreatif serta terampil. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi penerapan manajemen berbasis sekolah melalui manajemen scientific learning programs. Metode kualitatif digunakan untuk menalisis data kepustakaan (library research) dengan obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Hasil menunjukan penerapan manajemen berbasis sekolah akan efektif dan memberikan keunggulan terhadap prestasi sekolah jika dilaksanakan oleh semua unsur yang terlibat. Selain itu keberhasilan implementasi manajemen berbasis sekolah memerlukan adanya sosialisasi, keterbukaan, motivasi, dan penyatuan visi dari semua unsur mulai dari kepala sekolah, orang tua, masyarakat, sarana prasarana.


Keywords


desain managemen scientific learning programs; manajemen berbasis sekolah

Full Text:

164-171

References


Aisyah, S. (2021). Peran Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTS AL-Faaizun Watang Palakka. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.3805

Asfar, A., & Asfar, A. M. I. A. (2019). Integrasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Kepemimpinan Kepala Sekolah. Universitas Negeri Ma Assar. Hal.

Bafadal, I., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2019). The implementation of school based management, and its effect on the teachers’ work motivation and the school quality. Universal Journal of Educational Research, 7(9). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070925

Budiatman, I., & Patriasurya, A. (2019). Teknik Pembelajaran Yang Efektif Dalam Disain Pembelajaran Kooperatif Untuk Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1318

Damanik, R. (2019). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Mutu Sekolah. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.153

Dkk, A. W. (2020). Manajemen berbasis sekolah :Konsep, strategi dan perencanaan. In Solo : Yayasan Kita.

Fatmawati, F. (2018). Etika Otonomi Daerah dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(1). https://doi.org/10.34010/agregasi.v6i1.848

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86

Hasiba, C. (2018). Penarapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Organisasi dan Administrasi Pendidikan Sebagai Inovasi Pembelajaran. World Development, 1(1).

Ibrohim, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif Dalam Persaingan Mutu. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01). https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.836

Indraningrum, E. (2018). Peran Kepala Sekolah dan Partisipasi dari Masyarakat dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah unruk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(1). https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2826

Iskak, W. (2018). Grand Desain Sms Dalam MBS Untuk Mewujudkan Sekolah Yang Efektif Dan Unggul. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v2i1.19

Ismail, F. (2018). Mengurai Problematika Pendidikan Indonesia (Upaya Menjawab Tantangan Zaman). Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(2). https://doi.org/10.30984/jii.v3i2.558

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Kuswandi, A. (2011). Desentralisasi Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah Di Indonesia. Governance (Jurnal Ilmu Pemerintahan), 2(1).

Mukhsin, M. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.845

Nata, A. (2017). Pendidikan Islam di Indonesia: Tantangan dan Peluang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 2(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v2i1.352

Nurkolis, N., Setyaningsih, R., & Roshayanti, F. (2020). Manajemen sekolah berbasis literasi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1). https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24393

Nurokhim, N. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1925

Nuzula, W. F. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Pena Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Oey-gardiner, M. (2018). Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia di Era Disrupsi dan Globalisasi. Sdg Center Unpad.

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualiats Sekolah. Jurnal EduTech, 2(1).

Rahmat, A. S. (2019). Design Managemen Scientifict Learning Programs Sebagai Penguatan Aktivitas Belajar Kolaboratif Siswa Abad 21. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 10(3). https://doi.org/10.24832/jpkp.v10i3.239

Ramdan, M., Hikmah, A. B., & Apriyani, Y. (2019). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Sekolah Berbasis Web Pada SMK Muhammadiyah Kawali. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(2). https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6961

Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Retnasari, L., Hidayah, Y., & Dianasari, . (2020). Urgensi Bahan Ajar Materi Pembelajaran Ppkn Sd Untuk Membangun Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2186

Saberan, R., & Susilawati, E. (2019). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.849

Sugianto, S., Nurkolis, N., & Egar, N. (2020). Manajemen Sekolah Adiwiyata Di SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v8i1.5370

Sumarsono, R. B., Benty, D. D. N., Wiyono, B. B., Maisyaroh, & Supriyanto, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah. Abdimas Pedagogi, 1(1).

Suprihatin, B. (2017). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) di SD Sahara Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(2).

Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4028

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Orasi Ilmiah Professor Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Universitas Neegeri Makassar.

Yulianti. (2020). The effect of school-based management on school achievements in elementary schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(2).

Yusuf, H. A., Amzat, I. H., & Saidin, K. B. (2019). The mediating effect of school-based management on school climate, bureaucracy and effectiveness in secondary schools. Malaysian Online Journal of Educational Management, 7(3). https://doi.org/10.22452/mojem.vol7no3.2

Yusuf, Z., & Mardiana, D. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah sebagai Landasan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.152




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rossi Iskandar, Arita Marini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.