PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU AL-QUR’AN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Syaefulloh Saiful Nawawi, Nanat Fatah Nasir, Muhibbin Syah, Qiqi Yuliati Zaqiah

Abstract


Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Izzah dan Al-Hanif merupakan sekolah yang menjadikan program Al-Qur’an sebagai program unggulan. Dalam proses penerapannya menemukan kendala dalam aspek profesionalisme guru. Atas dasar itu, lembaga melakukan upaya peningkatan profesionalisme guru Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profesionalisme guru Al-Qur’an, dan upaya peningkatan profesionalisme guru di SDIT Al-Izzah Serang dan SDIT Al-Hanif Cilegon sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititaf dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, men-display, verifikasi, memaparkan dan mengambil simpulan.  Hasil peneletian menunjukkan bahwa profesionalisme guru Al-Qur’an di SDIT Al-Izzah dan Al-Hanif sudah baik dalam aspek landasan ilmu kependidikan, penyusunan program pembelajaran, pelaksanaan program pengajaran, penilaian hasil dan proses belajar mengajar, administrasi sekolah, layanan dan bimbingan konseling, self-concept, self-esteem yang baik, keyakinan guru terhadap kefektifan kemampuannya sendiri dalam membangkitkan gairah siswa dan sikap penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain, berkepribadian baik dan kesejahteraan guru. Sementara itu, Program peningkatan profesionalisme guru Al-Qur’an SDIT Al-Izzah adalah pembinaan izzati, pembinaan tahsin, simaan, sertifikasi guru, mukhoyyam Al-Qur’an, supervisi, kelompok kerja guru, studi banding, seminar dan bina pribadi Islami. Sementara itu, program peningkatan profesionalisme guru Al-Qur’an SDIT Al-Hanif adalah tashih, tahsin, sertifikasi guru, coach, supervisi, pembinaan tilawah, pembinaan koordinator, seminar dan kajian selasa siang.


Keywords


guru Al-qur’an; profesionalisme

Full Text:

153-163

References


Amrulah, A. K. (2015). Manajemen Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 1(2), 25–30.

Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Tematik Sains Menggunakan Inquiry Learning Process Dan Science Activity Based Daily Life. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 29. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1844

Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2).

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Erwiyanto, M. (2019). Pendalaman Tilawah. Ummi Media Center.

Fathurrahman, F. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Melalui Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah. Jurnal Reforma, 7(1), 25. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.38

Hamalik, O. (2006). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Kunandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajagrafindo Persada.

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045

Lukman, L., & Ramli, R. (2016). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Tingkat Partisipasi Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Istiqra’, III(2), 274–286.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Masruri. (2016). Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Lembaga Ummi Foundation.

Musyadad, A. (2020). Peran Kelompok kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 139–164.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

Nasution, H. F. (2017). Urgensi Profesionalisme Guru di Pendidikan Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.218

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulung agung. Jurnal Humanity, 10, 97–114.

Rahman, A. (2013). Pola Pembinaan Peningkatan Profesionalitas Guru SMK Kota Medan. Jurnal Tabularasa, 10(1).

Rumapea, P. (2005). Hubungan Kewenangan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–11.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada.

Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, 1(1), 47–64. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2735066

Sholihah, B. (2018). Evaluasi Dan Supervisi Program Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Bilingual an-Nissa Semarang. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.718

Sudiati, T. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 231–237.

Zubair, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Manager Pendidikan, 11(4), 305–311.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaefulloh saiful nawawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.