LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MODIFIKASI KARDUS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Aschari Senjahari Rawe, Siprianus See

article.abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modifikasi kardus sebagai sarana olah raga lompat jauh pada siswa kelas IV di SD Impres Ende 12. Subjek penelitianadalah siswa kelas  IV sebanyak 27 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang terdiri dari dua siklus.Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menghitung nilai hasil test masing-masing siswa dan persentasi ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil test diketahui bahwa ketuntasan belajar mengalami peningkatan. Pada silkus 1 persentasi ketuntasan belajar yaitu 11%  dan meningkat pada siklus 2 sebesar 100%. Rata-rata nilai siswa memenuhi KKM yaitu 75.  Proses pembelajaran olah raga lompat jauh dengan saranakardus yang dimodifikasi memberikan kemudahan kepada siswa untuk selalu aktif dan berani melakukan gerakan lompat tinggi secara mudah, menyenangkan, riang gembira, dan memberikan suasana yang baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Saat melaksanakan olah raga lompat jauh siswa tidak mengalami keraguan,tegang, gugup, dan ketakutan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sarana kardus yang dimodifikasi dalam pembelajaran olah raga lompat jauh berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di SDI Ende 12.

article.subject


hasil belajar; lompat jauh; modifikasi kardus

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI ALAT BAN SEPEDA DAN KARDUS PADA SISWA KELAS V DI SDN XVI MARGAHAYU BEKASI. GENTA MULIA, IX(2), 107–116.

Diana Darmawati, T., Rahayu, A. R., & R.C. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17359

Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas bermain dan perkembangan jasmani anak 145. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3, 145–158.

Hastuti, D. (2009). “Stimulasi Psikososial pada Anak Kelompok Bermain di Kota Bogor dan Pengaruhnya pada Perkembangan Motorik, Kognitif, Sosial Emosi dan Moral/Karakter Anak.†Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.41

Ibnu Sina, E. P. (2020). Physical activity journal. PHYSICAL ACTIVITY JOURNAL, 1(2), 176–187. https://doi.org/http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju Pengaruh

Komarudin. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan dan Pembinaan Olahraga di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(April), 37–44.

Kurnia, R., & Nurhayati, Y. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga “Dulok Kumisan†Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 23–32. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1687

Lengkana, A. S. (2018). KONTRIBUSI BELAJAR LOMPAT KATAK DAN ENGKLEK TERHADAP PENAMPILAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Olahraga PGRI Palembang, 1(2), 149–159.

Maulya, N. A., Martanti, F., Rinjani, E. D., & Hasyim, U. W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR STIKER PINTAR DALAM MATERI ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 201–214.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Purwaningsih, E. (2006). Permainan Tradisional Anak, Salah Satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Jantra Jurnal Sejarah Dan Budaya, I(1), 40–46.

Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 10–17.

Romi Mardela, Yendrizal, A. A. (2019). MODIFIKASI PERMAINAN OLAHRAGA KRIKET UNTUK PEMULA. JUrnal Performa, 4(2), 206–2013. https://doi.org/http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/index

Rustanto, H. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75–86.

Sanusi, Rahmat, E. L. D. (2019). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial PERAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULLER FUTSAL DALAM MENCEGAH. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 135–144.

Setyawan, D. A. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Olahraga 2016, 119–139. Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan - Danang Aji Setyawan.pdf%0A%0A

Stephani, M. R. (2016). No Title. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(September), 34–42. http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas

Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELOMPAT MELALUI PERMAINAN LOMPAT CERMIN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12169

Suharsimi Arikunto, S. S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. In Jakarta: Bumi Aksara (Vol. 2912, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Zainuri, K. (2020). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LONGU PADA SISWA KELAS IV SDN 37 AMPENAN. Jurnal Paedagogy, 7(1), 35–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer