PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SAINS (NOS) SEBAGAI METODE TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman hakikat sains (Nature of Science /NOS) sangat penting untuk diajarkan dalam dalam pembelajaran sains, pembelajaran sains di sekolah dasar masih belum membelajarkan sains dengan NOS dan penelitian tentang pemahaman NOS selama ini dilakukan pada guru dan sedikit pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahamanNOS siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran NOS sebagai metode, untuk mengetahui respons pemahaman NOS ditinjau dari perbedaan gender, dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan aspek-aspek NOS sebagai metode. Â Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen dengan one group pretest and posttest only design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 38 siswa kelas V SD Negeri 164 Karang Pawulang Kota Bandung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner skala likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan uji independent sample t-tes berbantuan SPSS-25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahamanNOS siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran NOS sebagai metode, ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan uji statistic tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman NOS di antara laki-laki dan perempuan. Aspek NOS Sebagai metode yang paling tinggi prosentasenya adalah aspek saintifik ethos, sedangkan yang terendah adalah aspek kolaborasi.
Keywords
Full Text:
250-262References
Adi, Y. K., & Widodo, A. (2018). PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS PADA GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR. Edukasi Journal. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.1831
Anggraeni, P., & Widodo, A. (2019). Pemahaman NOS di Era Revolusi Industri 4.0 pada Mahasiswa PGSD dan Guru Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 2597–4122. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3293
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Jumanto, & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Oleh Siswa Dan Guru Sd Understanding the Nature of Science By Students and Elementary School Teachers in the City of. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 20–31.
Kampourakis, K. (2016). The “general aspects†conceptualization as a pragmatic and effective means to introducing students to nature of science. Journal of Research in Science Teaching, 53(5), 667–682. https://doi.org/10.1002/tea.21305
Lederman, & Abd-el-khalick, F. (2015). Nature of Science, Assessing of Conceptualizing the Construct of NOS. Encyclopedia of Science Education, June 2016. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2150-0
Lederman, Norm G., Abd-El-Khalick, F., Bell, R. L., & Schwartz, R. S. (2002). Views of Nature of Science Questionnaire: Toward Valid and Meaningful Assessment of Learners’ Conceptions of Nature of Science. Journal of Research in Science Teaching, 39(6), 497–521. https://doi.org/10.1002/tea.10034
Lederman, Norman G, Lederman, J. S., Nature, A., Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. (2013). Nature of Science and Scientific Inquiry as Contexts for the Learning of Science and Achievement of Scientific Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3), 138–147. https://doi.org/10.18404/ijemst.19784
Lestari, H., & Widodo, A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Nature of Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 1–9.
Maskhuroh, L. (2016). Ilmu Sebagai Prosedur (Metode Memperoleh Pengetahuan Ilmiah). MADRASAH. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3292
Mccomas, W. F., & Olson, J. K. (2002). The Nature of Science in Science Education. The Nature of Science in Science Education, December 2014. https://doi.org/10.1007/0-306-47215-5
Nielsen, K. H. (2013). Scientific Communication and the Nature of Science. Science and Education. https://doi.org/10.1007/s11191-012-9475-3
Poincaré, J. H. (1947). Science et méthode. In Bibliothèque de philosophie scientifique.
Rahayu, A. H., & Widodo, A. (2019). Understanding of Nature of Science Pre-Service Students and Elementary School Teachers in the Digital Age. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3251
Romlah, S. (2016). Sains Dan Teknologi Dalam Al-Qur’an. Jurnal Studi Islam, 11, 1.
SUDIRGAYASA, I., Suastra, M., & Ristiati, M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) TERHADAP KEMAMPUAN APLIKASI KONSEP BIOLOGI DAN PEMAHAMAN NOS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 MARGA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabetha.
Sutinah, C., & Widodo, A. (2020). The Effect of Nature of Science (NoS) Explicit Learning Design on Students’ NoS Comprehension at Elementary School. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.7167
Tambunan, L., Rusdi, R., & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness of Problem Based Learning Models by Using E-Learning and Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes on Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 96. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598
Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13294
Widodo, A., Jumanto, J., Adi, Y. K., & Imran, M. E. (2019). Pemahaman hakikat sains (NOS) oleh siswa dan guru sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.27294
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.2878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 yeti nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.