PENGEMBANGAN MODUL KEWIRAUSAHAAN BERORIENTASI PENGEMBANGAN EKONOMI WILAYAH PESISIR BENGKULU UNTUK MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS BENGKULU
article.abstract
Pembelajaran kewirausahaan di perguruan tinggi dengan memanfaatkan potensi wilayah sebagai sumber materi pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa untuk belajar kewirausahaan. Mengingat provinsi Bengkulu merupakan daerah pesisir yang kaya dengan keragaman sumber daya alam dan ekosistem yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan ekonomi masyarakat lokal. Tetapi, sumber materi pembelajaran kewirausahaan saat ini hanya berisi materi yang bersifat umum dan belum mendekatkan mahasiswa pada potensi wilayah di daerahnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan materi yang disajikan dalam modul dan menguji kelayakan modul berorientasi pengembangan ekonomi wilayah pesisir Bengkulu untuk digunakan dalam pembelajaran pada mata kuliah kewirausahaan mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reseach and delevelopment (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model Borg & Gall yang dimodifikasi. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dilakukan antara lain: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, dan (6) produk akhir. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli teknologi pendidikan. Ujicoba produk yang dilakukan melibatkan 40 orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul kewirausahaan berorientasi pengembangan ekonomi wilayah pesisir Bengkulu telah melalui uji kelayakan produk pada tahap uji validasi ahli, uji coba kelompok kecil, serta uji coba lapangan. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul kewirausahaan yang dikembangkan layak untuk digunakan.
article.subject
Full Text:
127-139References
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Malang: Cipta Media.
Alecsandru, S. V., & Raluca, D. A. (2015). A Regional Level Hierarchy of the Main Foreign Direct Investments’ Determinants–Empirical Study, the Case of Romanian Manufacturing Sector. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 321–330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.894
Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Practicality And Effectiviness Of Bilingual Computer-Based Learning Module. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.10896
Alias, N., & Siraj, S. (2012). Effectiveness of Isman Instructional Design Model in Developing Physics Module based on Learning Style and Appropriate Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64(4), 12–17. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.002
Amir, M. (2017). Kebijakan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Kerajinan Unggulan Dalam Upaya Mengangkat Kearifan Lokal Kabupaten Tuban. Cakrawala, 11(2), 157–169. https://doi.org/https://doi.org/10.32781/cakrawala.v11i2.16
Bapeda. (2017). Rencana Aksi Daerah Pengembangan Ekonomi Kemaritiman Di Provinsi Bengkulu Tahun 2017. Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Provinsi Bengkulu.
Bonodikun, Asriani, P. S., & Yuliarti, E. (2015). Kajian Agroindustri Unggulan Wilayah Pesisir Kota Bengkulu. AGRISEP, 14(1), 79–84.
BPS. (2019). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2019/09/26/c90ef44501d430ddb065bec5/statistik-indonesia-dalam-infografis-2019.html
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html
Fernández-Nogueira, D., Arruti, A., Markuerkiaga, L., & Sáenz, N. (2018). The entrepreneurial university: A selection of good practices. Journal of Entrepreneurship Education, 21(Special Issue).
Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik Untuk Siswa Di Smk Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 111. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p111-120
Fundeanu, D. D. (2015). Innovative Regional Cluster, Model of Tourism Development. Procedia Economics and Finance, 23, 744–749. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00501-8
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Ismariandi, R., Setijanti, P., & Ariastita, P. G. (2010). Konsep Pengembangan kampung Nelayan pasar Bengkulu Sebagai kawasan Wisata. Seminar Nasional Perumahan Pemukiman Dalam Pembangunan Kota, 1–14.
Jaime, M. P., Gómez, A., & Rueda-armengot, J. M. M. C. (2017). Entrepreneurial Universities Exploring the Academic. January. https://doi.org/10.1007/978-3-319-47949-1
Klerk, G. J., & Kruger, S. (2002). The driving force behind entrepreneurship : An exploratory perspective. http://www.kmu.unisg.ch/recontres/bond%0A2002/F_04_deKlerl.pdf diakses 4 Januari 2021
Leigh, N. G., & Blakely, E. J. (2016). Planning Local Economic Development | SAGE Publications Inc. Sage Publishing. https://us.sagepub.com/en-us/nam/planning-local-economic-development/book244769#preview
Luca, M. R., Cazan, A. M., & Tomulescu, D. (2012). To be or not to be an entrepreneur... Procedia - Social and Behavioral Sciences, 33, 173–177. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.106
Masydzulhak. (2007). Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir Kota Bengkulu. In Pesisir dan Lautan (Vol. 8, Issue 1, p. 32).
Mudjiarto. (2016). Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan. Perpustakaan Universitas Esa Unggul, 0(0). https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Books-7529-10_0017.Image.Marked.pdf
Nurhayati, D., Machmud, A., & Waspada, I. (2020). Technopreneurship Intention: Studi Kasus Pada Mahasiswa Dipengaruhi Entrepreneurial Learning. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p79-92
Papilaya, R. L., Hiariey, J., & Risakotta, T. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Sumberdaya Pesisir Dan Laut Di Kota Ambon. PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan), 2(1), 33–43. https://doi.org/10.30598/papalele.2018.2.1.33
PGSD. (2015). Buku Kurikulum PGSD Tahun 2015.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 626–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Pramono, R. F., & Sulistyarso, H. (2013). Pengembangan Ekonomi Lokal di Kawasan Perikanan Berdasarkan Preferensi Masyarakat Nelayan Nambangan Kedung Cowek. Jurnal Teknik ITS, 2(2), C203–C206.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Rahadi, D. R., & Zanial, M. (2014). Implementasi Konsep Kewirausahaan sosial Sebagai Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Matriks, 2.
Rahayu, W. P., & Sudarmiatin. (2010). Pengembangan modul kewirausahaan di SMK.pdf. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 157–161. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/2634/1362
Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabea. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=350661
Rosnawati, V., & Kaharudin, L. ode. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Yang Terdapat Di Wakatobi Pada Materi Pokok Animalia Invertebrata (Mollusca Dan Echinodermata). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12055
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 7(1), 22. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221
Scarborough, N. M., & Zimmerer, T. W. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Buku 2 (Edisi 5). Jakarta : Salemba Empat. http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5144
Serena, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Juwita, I. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning ( PBL ) on Heat and Temperature to Improve Student ’ s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184205.pdf
Setiono, P. (2016). Pemanfaatan Nilai Budaya Lokal Tari Topeng Malang sebagai Bahan Ajar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(2), 115–126. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/173
Situmorang, R. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748
Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 120801. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1249
Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2015). Kewirausahaan Sosial (Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan). In Unpad Pers.
Xu, Z., Harzallah, M., Guillet, F., & Ichise, R. (2019). Modular ontology learning with topic modelling over core ontology. Procedia Computer Science, 159, 562–571. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.211
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Malang: Cipta Media.
Alecsandru, S. V., & Raluca, D. A. (2015). A Regional Level Hierarchy of the Main Foreign Direct Investments’ Determinants–Empirical Study, the Case of Romanian Manufacturing Sector. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 321–330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.894
Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Practicality And Effectiviness Of Bilingual Computer-Based Learning Module. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.10896
Alias, N., & Siraj, S. (2012). Effectiveness of Isman Instructional Design Model in Developing Physics Module based on Learning Style and Appropriate Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64(4), 12–17. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.002
Amir, M. (2017). Kebijakan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Kerajinan Unggulan Dalam Upaya Mengangkat Kearifan Lokal Kabupaten Tuban. Cakrawala, 11(2), 157–169. https://doi.org/https://doi.org/10.32781/cakrawala.v11i2.16
Bapeda. (2017). Rencana Aksi Daerah Pengembangan Ekonomi Kemaritiman Di Provinsi Bengkulu Tahun 2017. Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Provinsi Bengkulu.
Bonodikun, Asriani, P. S., & Yuliarti, E. (2015). Kajian Agroindustri Unggulan Wilayah Pesisir Kota Bengkulu. AGRISEP, 14(1), 79–84.
BPS. (2019). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2019/09/26/c90ef44501d430ddb065bec5/statistik-indonesia-dalam-infografis-2019.html
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html
Fernández-Nogueira, D., Arruti, A., Markuerkiaga, L., & Sáenz, N. (2018). The entrepreneurial university: A selection of good practices. Journal of Entrepreneurship Education, 21(Special Issue).
Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik Untuk Siswa Di Smk Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 111. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p111-120
Fundeanu, D. D. (2015). Innovative Regional Cluster, Model of Tourism Development. Procedia Economics and Finance, 23, 744–749. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00501-8
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Ismariandi, R., Setijanti, P., & Ariastita, P. G. (2010). Konsep Pengembangan kampung Nelayan pasar Bengkulu Sebagai kawasan Wisata. Seminar Nasional Perumahan Pemukiman Dalam Pembangunan Kota, 1–14.
Jaime, M. P., Gómez, A., & Rueda-armengot, J. M. M. C. (2017). Entrepreneurial Universities Exploring the Academic. January. https://doi.org/10.1007/978-3-319-47949-1
Klerk, G. J., & Kruger, S. (2002). The driving force behind entrepreneurship : An exploratory perspective. http://www.kmu.unisg.ch/recontres/bond%0A2002/F_04_deKlerl.pdf diakses 4 Januari 2021
Leigh, N. G., & Blakely, E. J. (2016). Planning Local Economic Development | SAGE Publications Inc. Sage Publishing. https://us.sagepub.com/en-us/nam/planning-local-economic-development/book244769#preview
Luca, M. R., Cazan, A. M., & Tomulescu, D. (2012). To be or not to be an entrepreneur... Procedia - Social and Behavioral Sciences, 33, 173–177. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.106
Masydzulhak. (2007). Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir Kota Bengkulu. In Pesisir dan Lautan (Vol. 8, Issue 1, p. 32).
Mudjiarto. (2016). Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan. Perpustakaan Universitas Esa Unggul, 0(0). https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Books-7529-10_0017.Image.Marked.pdf
Nurhayati, D., Machmud, A., & Waspada, I. (2020). Technopreneurship Intention: Studi Kasus Pada Mahasiswa Dipengaruhi Entrepreneurial Learning. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p79-92
Papilaya, R. L., Hiariey, J., & Risakotta, T. (2018). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Sumberdaya Pesisir Dan Laut Di Kota Ambon. PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan), 2(1), 33–43. https://doi.org/10.30598/papalele.2018.2.1.33
PGSD. (2015). Buku Kurikulum PGSD Tahun 2015.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 626–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Pramono, R. F., & Sulistyarso, H. (2013). Pengembangan Ekonomi Lokal di Kawasan Perikanan Berdasarkan Preferensi Masyarakat Nelayan Nambangan Kedung Cowek. Jurnal Teknik ITS, 2(2), C203–C206.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Rahadi, D. R., & Zanial, M. (2014). Implementasi Konsep Kewirausahaan sosial Sebagai Model Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Matriks, 2.
Rahayu, W. P., & Sudarmiatin. (2010). Pengembangan modul kewirausahaan di SMK.pdf. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 157–161. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/2634/1362
Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabea. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=350661
Rosnawati, V., & Kaharudin, L. ode. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Yang Terdapat Di Wakatobi Pada Materi Pokok Animalia Invertebrata (Mollusca Dan Echinodermata). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12055
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 7(1), 22. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221
Scarborough, N. M., & Zimmerer, T. W. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Buku 2 (Edisi 5). Jakarta : Salemba Empat. http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5144
Serena, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Juwita, I. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning ( PBL ) on Heat and Temperature to Improve Student ’ s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184205.pdf
Setiono, P. (2016). Pemanfaatan Nilai Budaya Lokal Tari Topeng Malang sebagai Bahan Ajar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(2), 115–126. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/173
Situmorang, R. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748
Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 120801. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1249
Wibowo, H., & Nulhaqim, S. A. (2015). Kewirausahaan Sosial (Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan). In Unpad Pers.
Xu, Z., Harzallah, M., Guillet, F., & Ichise, R. (2019). Modular ontology learning with topic modelling over core ontology. Procedia Computer Science, 159, 562–571. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.211
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer