NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL PURWOREJO PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU | Pangestika | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL PURWOREJO PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

Rintis Rizkia Pangestika, Galih Yansaputra

article.abstract


Globalisasi memberikan dampak yang kurang baik jika kita tidak selektif dalam menyaring budaya asing yang masuk. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk melestarikan budaya lokal Purworjeo khususnya. Upaya pelestarian akan lebih efektif jika dimuai sejak usia sekolah dasar maka dari itu, perlu menanamkan nilai-nilai kearifan budaya lokal Purworejo ke dalam pembelajaran melalui multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil produk multimedia interaktif yang terintegrasi dengan budaya lokal Purworejo yang layak digunakan pada siswa kelas IV SD Negeri Ngupasan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ASSURE. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket penilaian produk, angket respon siswa, lembar observasi, dan soal. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan mengubah data kuantitatif menjadi data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang terintegrasi dengan budaya lokal Purworejo yang dikembangkan untuk kelas IV SD Negeri Ngupasan layak. Kelayakan dilihat dari segi hasil validasi ahli materi diperoleh dengan kategori baik, dari ahli media diperoleh dengan kategori baik, dan dari tanggapan guru diperoleh kategori yang baik. Kemudian dilihat dari kepraktisan produk multimedia interaktif yang terintegrasi dengan budaya lokal Purworejo, dilihat dari keaktifan siswa diperoleh kategori sangat baik. Dilihat dari respon siswa, sebagian besar siswa merespon dengan gembira saat pembelajaran menggunakan multimedia interaktif yang terintegrasi dengan budaya lokal Purworejo yang ditunjukkan dengan memperoleh kategori sangat baik. Selanjutnya dari segi keefektifan produk multimedia interaktif yang terintegrasi dengan budaya lokal Purworejo terlihat pada hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan minimal.


article.subject


budaya lokal; multimedia interaktif

Full Text:

99-109

References


Andriani, M. R. & W. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS 2 SDN BERGAS KIDUL 03 KABUPATEN SEMARANG. Scholaria, 6(1), 143–157.

Baharuddin, & Dalle, J. (2017). Interactive courseware for supporting learners competency in practical skills. Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(3), 87–98.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Budiarto, M. K., Joebagio, H., & Sudiyanto. (2020). Integration of Interactive Multimedia with Local Potential as a Learning Innovation in Digital Era. 421(Icalc 2019), 336–345. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.040

Darmawan, Daddy & Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1).

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018

Kawuryan, S. P. (2010). Mendekatkan Siswa Dengan Kearifan Budaya Lokal Melalui Ips Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(1), 1.

Murti, D. K. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337

Muslihudin, A. (2017). PENGARUH MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 98–110.

Norhayati, N., & Hendartie, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Kalimantan Tengah Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1160

Pangestika, R. R. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Flash® pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Keindahan Alam Negeriku. KEGURU, 2(1), 93–106.

Pemerintah Kabupaten Purworejo. (2020). Purworejo Terapkan Konsultasi Pembelajaran Terprogram. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/purworejo-terapkan-konsultasi-pembelajaran-terprogram/

Samri, F., Rewo, J. M., Ngurah, D., & Laksana, L. (2020). European Journal of Education Studies ELECTRONIC THEMATIC TEACHING MULTIMEDIA WITH LOCAL CULTURE BASED MATERIALS AND ITS EFFECT. 625–641. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i12.3474

Samsiyah, N. (n.d.). Budaya lokal untuk meningkatkan literasi baca siswa sekolah dasar. 208–217.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Widiastika, D. N. L. L. dan I. G. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal masyarakat flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(3), 151–162.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer