ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA PADA PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
article.abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA siswa antara pembelajaran predict-observe-explain dengan ceramah konvensional, perbedaan pemahaman konsep IPA siswa antara rasa ingin tahu tinggi dan rendah, dan pengaruh interaksi antara faktor model pembelajaran dan rasa ingin tahu. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi Quasi Eksperimen tipe Desain Faktorial 2x2. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri Wilayah Kelurahan Nalumsari yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Nalumsari 1, 2, dan 3. Selanjutnya sampel diambil dengan Teknik Cluster Random Sampling dengan perolehan sampel yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Nalumsari 1 dan 2. Data terkumpul dengan instrumen butir soal pemahaman konsep IPA dan lembar angket rasa ingin tahu siswa, yang dianalisis menggunakan Anova Dua Jalan dengan syarat data harus berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa antara pembelajaran predict-observe-explain dengan konvensional, 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa antara rasa ingin tahu tinggi dan rendah, dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara faktor model pembelajaran dan rasa ingin tahu terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV di SD Negeri Wilayah Kelurahan Nalumsari, Jepara.
article.subject
Full Text:
52-61References
Abdillah, C., Linuwih, S., & Isnaeni, W. (2017). The Effectiveness of Model Learning Preser-X Assisted LKS Against Science Process Skills and Understanding Students Concept. Journal of Primary Education.
Anggara, D. S., & Abdillah, C. DEVELOPMENT OF STUDENT WORK SHEETS BASED PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN ON CLASS IV NATURAL SCIENCE LESSONS. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (4), 492-503.
Anggara, D. S., Abdillah, C., & Gunawan, H. I. (2020). Developing Predict-Observe-Explain worksheets on elementary school mathematics subject. In Empowering Science and Mathematics for Global Competitiveness. https://doi.org/10.1201/9780429461903-63
Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Problem Solving untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Universitas Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas
Farikha, L. I., Redjeki, T., & Utomo, S. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Disertai Eksperimen pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(4), 95–102.
Green, J. (2010). Points of intersection between randomized experiments and quasi-experiments. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 628(1), 97–111.
Hamzah, M., & Mahmudah, N. K. (2012). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v1i2.293
Hidayat, S., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Rasa Ingin Tahu terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(6), 395–402.
Hilario, J. S. (2015). The Use of Predict-Observe-Explain-Explore ( POEE ) as a New Teaching Strategy in General Chemistry-Laboratory. International Journal of Education and Research.
Kala, N., Yaman, F., & Ayas, A. (2013). THE EFFECTIVENESS OF PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN TECHNIQUE IN PROBING STUDENTS’ UNDERSTANDING ABOUT ACID-BASE CHEMISTRY: A CASE FOR THE CONCEPTS OF pH, pOH, AND STRENGTH. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-012-9354-z
Kilpatrick, J., Swafford, A., & Findell, B. (2002). Mathematics learning study committee. Center for Education, Division of Behavioral and Social Sciences and Education. Washington, DC: National Academy Press.
Liew, C. W., & Treagust, D. F. (1995). A predict-observe-explain teaching sequence for learning about students’ understanding of heat and expansion of liquids. Australian Science Teachers’ Journal.
Novelyya, S. (2019). PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.291
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Permatasari, O. I. (2011). Keefektifan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis kontekstual dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada pokok bahasan tekanan. Universitas Negeri Semarang.
Prayitno, E., & Widyantini, T. (2011). Pendidikan Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Kementerian Pendidikan.
Sujana, A. (2013). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer