VALIDITAS BAHAN AJAR KURIKULUM PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
article.abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan validitas bahan ajar ajar kurikulum pembelajaran untuk pendidikan guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan bahan ajar kurikulum pembelajaran untuk pendidikan guru sekolah dasar mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg and Gall yaitu 1) mengumpulkan informasi dan penelitian pendahuluan, 2) melakukan perencanaan, 3) mengembangkan bentuk produk awal , 4) melakukan uji coba terbatas produk awal untuk menghasilkan produk utama, 5) melakukan revisi terhadap produk utama, 6) melakukan uji coba produk utama, 7) melakukan revisi terhadap produk utama untuk menghasilkan produk akhir, 8) melakukan uji coba lapangan produk final, 9) melakukan revisi terhadap produk final, dan 10) mendiseminasi dan mengimplementasikan produk. Kesepuluh langkah tersebut dikelompokkan kedalam tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan, serta pengujian dan diseminasi. Artikel ini hanya fokus pada validitas isi yang divalidasi oleh ahli. Ahli yang dilibatkan adalah ahli materi dan ahli media. Teknik analisis validitas isi menggunakan indeks Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis Aiken’s V diperoleh skor 0,918, dan diinterpretasikan sebagai koefisien yang cukup tinggi karena skor tersebut ada diantara 0 sampai 1,00. Sehingga bahan ajar kurikulum pembelajaran untuk pendidikan guru sekolah dasar dalam kategori valid.
article.subject
Full Text:
90-98References
Aiken, L. R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.
Buyung, B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 509–517. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.517
Devi, P. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru SMP. PPPPTK IPA.
Firmansyah, F., Purwati, P., Siregar, N. N., & Irnandi, I. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Pada Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 143–155. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2211
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. (2003). Educational Research: An Introduction (7th Edition). Pearson Education.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). KESESUAIAN KONTEKS DAN ILUSTRASI PADA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENDIDIK KARAKTER ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 158–169.
Haynes, S. N., Richard, D. C. S., & Kubany, E. S. (1995). Content validity in psychological assessment: A functional approach to concepts and methods. Psychological Assessment, 7(3), 238–247.
Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1878
Kurniawan, W., Pujaningsih, F. B., Alrizal, A., & Latifah, N. A. (2018). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bola Dan Tabung. EduFisika, 3(01), 17–25. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5805
Nuryani, W. (2010). Bahan Ajar Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Kurikulum. Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni.
Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7960
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Purwati, D., & Suhirman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif Untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 166–174.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Taherdoost, H. (2016). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 5(3), 28–36. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040
Ulfah, A., & Jumaiyah. (2018). Jurnal Inovasi Pendidikan PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 1–9.
Vakili, M. M., Jahangiri, N., & and. (2018). Content Validity and Reliability of the Measurement Tools in Educational, Behavioral, and Health Sciences Research. Journal of Medical Education Development, 10(28), 106–118. https://doi.org/10.29252/edcj.10.28.106
Yaghmale, F. (2003). Content validity and its estimation. Journal of Medical Education, 3(1), 25–27. https://doi.org/10.22037/jme.v3i1.870
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer