PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN SENSITIVITAS MORAL SISWA DI SEKOLAH DASAR
article.abstract
article.subject
Full Text:
118-126References
Amin, M. M. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Hak Cipta.
Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim, 19(1), 1–21.
Arief, A. (2012). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers.
Asrori, M. A. & M. (2012). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.
Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Firmansyah, F., Purwati, P., Siregar, N. N., & Irfa, I. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Pada Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 143–155.
Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Ikatan Kimia berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMA. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–6.
Halimah, R., & Zulfahmi. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Aud Kelompok B di RA An-Najwan Desa Kebun Balok Kabupaten Langkat. Jurnal Raudhah, 7(2), 1–19.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.
Hurlock, E. (2007). Perkembangan Anak (jilid 2). Erlangga.
Ibrahim, M. (2014). Model pembelajaran inovatif melalui pemaknaan (belajar perilaku positif dari alam). Unesa University Press.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Puskur-Balitbang. Kemendiknas.
Khorida, M. F. & L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam Paud. Ar-Ruzz Media.
Kung, W. N. (2011). Pendidikan moral. Chengage Learning Pte Ltd.
Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, XIV(1), 54–66.
Mutakin, T. Z., Indra, N., & Rusmana, M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Edutech, 1(3), 1–13.
Ratih, R., & Elisabeth, C. (2013). Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Perilaku Moral Anak Kelompok B Di Tk Bina Anak Sholeh Tuban. Jurnal BK UNESA, 4(1), 329 – 337.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Syamsul, Y. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakarya.
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Asatiza, 1(1), 49–60.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer