NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DRILL | S | Jurnal Cakrawala Pendas

KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DRILL

Suratman S, Ilyas I, Mariamah M

article.abstract


Kemampuan menulis sangat penting untuk dimiliki serta kegiatan menulis dapat dijadikan sebagai budaya, sebab dengan kemampuan tersebut seseorang dapat menuangkan ide-ide dan gagasan dengan sistematis dan runtun dalam bentuk karya ilmiah, serta dapat memperluas cakrawala dan mendorong penulis untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Karya tulis yang dihasilkan juga akan menjadi pengikat gagasan, ide dan kreatifitas yang penulis miliki. Realita yang ditemukan bahwa penggunaan tata bahasa Indonesia yang belum baku, penggunaan tanda baca yang belum tepat serta kaida-kaidah ilmiah. Ide-ide yang ditulis belum sistematis, aktifitas menulis masih membuat mahasiswa calon guru sekolah dasar menjadi beban yang sulit untuk diselesaikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis mahasiswa setelah menerapkan metode drill. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa semeseter VIA dan B pada jurusan PGSD yang berjumlah 70 orang. Instrument yang digunakan adalah instrument tes berupa tes menulis karya ilmiah berbentuk proposal penelitian. Data dianalisis secara deskriptif dan dibuat pengkategorian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis mahasiswa kelas VI-A berada pada tiga kategori yaitu pada kategori sangat baik , baik dan cukup baik. Sedangkan pada kelas B berada pada dua kategori yaitu kategori baik dan cukup baik.


article.subject


karya ilmiah; kemampuan menulis; mahasiswa calon guru SD; metode drill

Full Text:

10-17

References


Ajwar, M., Faridah, F., & Mariamah. (2020). Deskripsi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Setelah Menerapkan Metode Inkuiri Terbimbing Pada Materi IPA Dan Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(januari 2020), 35–39.

Ansori. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Model Workshop Dalam Perkuliahan Kepenulisan Pada Program Nonkependidikan Jurusan Pendidikan Bahasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192. http://mindamas-journals.com/index.php/sosiohumanika/article/view/411

Delazer, M., Ischebeck, A., Domahs, F., Zamarian, L., Koppelstaetter, F., Siedentopf, C. M., Kaufmann, L., Benke, T., & Felber, S. (2005). Learning by strategies and learning by drill - Evidence from an fMRI study. NeuroImage, 25(3), 838–849. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2004.12.009

Engin, M. (2014). Extending the flipped classroom model: Developing second language writing skills through student-created digital videos. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 14(5), 12–26. https://doi.org/10.14434/josotlv14i5.12829

Fallis, A. . (2013). Peer Mentoring Membaca Al-Quran Intensif Melalui Metode Talaqqi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125–137. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i1.325

Gunawan, Pupun Nuryani, D. H., Program, Pedagogik, D., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2019). Metode drill untuk meningkatkan kemampuan. Ii, 284–292.

Hadijah. (2016). Penggunaan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SDN Sibaluton. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(8), 235–249.

Kapka, D., Oberman, D. A., & Chicago, I. (2001). Improving Student Writing Skills Through The Modeling Of The Writing Process Field-Based Master’s Program.

Kellogg, R. T. (2008). Training writing skills: A cognitive developmental perspective. Journal of Writing Research, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.17239/jowr-2008.01.01.1

Latif Ansori Kurniawan. (2016). Pembelajaran keterampilan menulis dengan blog: telaah pembelajaran berjarak.

Lufri, Fitri, R., & Yogica, R. (2018). Effectiveness of concept-based learning model, drawing and drill methods to improve student’s ability to understand concepts and high-level thinking in animal development course. Journal of Physics: Conference Series, 1116(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/5/052040

Mariamah & Syarifudin. (2018). Textbook Development Based On Analysis Of Complex Drill Problem To Develop Students Self Character. InternasionalICST Universit as Mataram.

Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 177–186. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4868

Muslihah, N. N., & Asmara, Y. (2019). Penerapan Metode Drill terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Aksara Ulu. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(2), 175–189. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i2.607

Padlurrahman, 2019. (n.d.). Menggunakanfile:///C:/Users/Mariamah/Downloads/1348-4179-3-PB.pdf Metode Drill and Practice. 14–24.

Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis Di Kalangan Mahasiswa. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 1. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20

Rahmawati, E. L., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS Dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178–189.

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 5(2), 142–152. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Sianturi, G. G. N., Akbar, S., & Pardede, O. B. (2019). Meningkat Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divisions) Oleh Siswa Kelas Viii-A SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tapanuli Journals, 1(2), 357–361.

Sunimbar, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran (Studi Lapangan-Peta Pikiran) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pembelajaran Ips Sd Mahasiswa Pgsd Muhammadiyah Kupang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 33–43. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2535

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115.

Susilowati, E., Santoso, S., & Hamidi, N. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS, 1(3), 1–11. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2563

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. In Bandung: Angkasa.

Vera Sardila, M. P. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id

Zulkarnaini, Z. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Pgsd Semester I Melalui Drill Method. None, 1(2), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer