NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR | Haryanti | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Yuyun Dwi Haryanti, Sapriya Sapriya, Tegar Pambudhi

article.abstract


Penilaian autentik merupakan penilaian yang menghendaki peserta didik agar mampu menggunakan pengetahuan, menampilkan sikap, dan keterampilan diperoleh melalui tugas nyata pada situasi sesungguhnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku model penilaian autentik kurikulum 2013 yang memenuhi kelayakan sehingga dapat digunakan guru dalam melakukan penilaian autentik pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Desain penelitian yang digunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Prosedur penelitian mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi produk. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Hasil analisis kebutuhan melalui wawancara pada guru Sekolah Dasar bahwa guru masih merasa kesulitan dalam mengembangkan penilaian autentik. Hasil angket analisis kebutuhan diperoleh skor sebesar 75% berarti guru membutuhkan buku penilaian autentik kurikulum 2013. Hasil Uji kelayakan pada ahli materi, isi, dan bahasa yang digunakan pada buku model penilaian autentik kurikulum 2013 di Sekolah Dasar diperoleh skor sebesar 94% dengan kategori “Sangat Validâ€. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa buku panduan model penilaian autentik kurikulum 2013 di Sekolah Dasar memenuhi kelayakan untuk digunakan guru sebagai petunjuk penilaian autentik yang dilengkapi landasan teori, penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan.


article.subject


kurikulum 2013; pengembangan model; penilaian autentik

Full Text:

27-39

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke 21. Refika Aditama.

Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke 21. Refika Aditama.

Anderson, L & Kratwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesment. Pustaka Belajar.

Ani, Y. (2014). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013, 742–749.

Baiduri, et all. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 1–5. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop

Bhakti, A. S. (2014). Pengembbangan Model Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013. Universitas negeri Malang.

Daji, Mulyasa, & Warta, W. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. NER, 1 Nomor 2(April), 57–64.

Delamater, J. D dan Myers, J. M. (2011). Social Psychology (Seventh Ed). Wadsworth, Cengage Learning.

Endra, I. M., Merta, D., Suarjana, I. M., Putu, L., & Mahadewi, P. (2015). ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK MENURUT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV SD NO . 4 BANYUASRI Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1), 1–10.

Enggarwati, N. S. (2015). KESULITAN GURU SD NEGERI GLAGAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013. Artikel Jurnal UNY, 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Gall, Meredith. D; Gall, Joyce. P; Borg, W. R. (2003). Educational Research An Introduction (7th Edition). Pearson.

Haryanti, Y. D & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64.

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). PERMENDIKBUD no.23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Legaspi, J. M. E., Perhiliana, C. O., Camayang, J. G., Garingan, E. G., Kristine, M., Velasco, G. T., Ursua, J. C., & Bautista, J. R. G. (2020). Scientific Learning Motivations as Predictors of Pre- service Elementary Grade Teachers ’ Authentic Assessment Practices in Science. American Journal of Educational Research, 8(3), 150–154. https://doi.org/10.12691/education-8-3-4

Matt Omasta, et all. (2020). Assessment in elementary-level drama education: Teachers’ conceptualizations and practices. Arts Education Policy Review, 1–15. https://doi.org/DOI: 10.1080/10632913.2020.1746710.

Mendikbud. (2014). PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 104 TAHUN 2014, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Munawati, S. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(6), 174–183.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013. (2013). Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud.

Prasasti, Y. R., Suyono dan Basuki, I. A. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis melalui Membaca untuk Siswa SD/MI. Jurnal Universitas Negeri Malang, 48(2), 1–12.

Setiamiharja, R. (2012). Penilaian Berbasis Kelas. HSAA Press.

Taswin, H.,Sailan, M & Umar, F. (2018). Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Mata Pelajaran PPKN Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMAN 13 Makassar. Jurnal Tomalebbi, 5, 1. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/6764.

Villarroel, V., Boud, D., Bloxham, S., Bruna, D., & Bruna, C. (2019). Using principles of authentic assessment to redesign written examinations and tests. Innovations in Education and Teaching International, 00(00), 1–12. https://doi.org/10.1080/14703297.2018.1564882

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Yamin, M. Y. M. (2018). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer