NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
ANALISIS GAGASAN KARANGAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS 2 SD NEGERI TIMURAN YOGYAKARTA | Praheto | Jurnal Cakrawala Pendas

ANALISIS GAGASAN KARANGAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS 2 SD NEGERI TIMURAN YOGYAKARTA

Biya Ebi Praheto, Dwi Wijayanti

article.abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis gagasan karangan multikultural siswa kelas 2 SD Negeri Timuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Timuran Yogyakarta. Adapun subjek penelitiannya yaitu siswa kelas dua dan objek penelitiannya yaitu hasil karangan multikultural siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Kemudian, untuk teknik analisis datanya yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar karangan siswa sudah sesuai dengan tema yaitu multikultural. Sebesar 48% persen karangan siswa secara menyeluruh memuat gagasan multikultural, 30% karangan siswa sedikit atau sebagian memuat gagasan multikultural, dan sisanya 22% tidak memiliki muatan multikultural dalam karangan siswa. Berkaitan dengan analisis judul, sebagian besar judul karangan sudah sesuai dengan tema yaitu multikultural, begitu pula dengan muatan atau gagasan karangan sebagian besar juga sudah sesuai dengan tema multikultural.

article.subject


Multikultural, Karangan, Gagasan, Siswa, Sekolah Dasar.

Full Text:

48-55

References


Alismail, Halah Ahmed. (2016). Multicultural Education: Teachers’ Perceptions and Preparation. Journal of Education and Practice. Vol. 7, No. 11, hal. 139-146.

Amassang, Dharma. (2018). Kemampuan Mengembangkan Gagasan dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIA 1 MAN 2 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. Volume 3 No. 4.

Anwar. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Skripsi. Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Banks, James A. (2007). Educating Citizens in a Multicultural Society. Teacher College Press: Columbia University, New York.

Bransford, J., Brown, A., & Cocking, R. (2000). Learning and Transfer. In How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School (Expanded Edition) (pp. 51-78). Washington,D.C.: National Academy Press.

Heuken, Adolf. (2008). Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN. Vol. 7, hal. 129-154.

Nurgiyantoro, Burhan. (2007). Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Miftah, Muhammad. (2016). Multicultural Education in the Diversity of National Cultures. QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies. Vol. 4, Issue 2, hal. 167-185.

Qodaroh. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3, No.2, hal. 72-81.

Suparno dan Yunus, M. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT.

Susilo, Sigit Vebrianto & Ramdiati, Tia. 2019. Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 5, No. 1, hal. 24-31.

Wiyatmi. (2006). Pengantar Kajian Sastra. Pustaka: Jogjakarta

Yilmaz, Fatih. (2016). Multiculturalism and multicultural education: A case study of teacher candidates’ perceptions. Teacher Education & Development, Cogent Education. Vol. 3, hal. 1-13.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Gavin Kalam Utama : Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer