NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK SEKOLAH DASAR | Agustin | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Mubiar Agustin, Ryan Dwi Puspita

article.abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. khususnya di pedesaan sering diselenggarakan  di dalam kelas dan kurang bervariasi. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode karyawisata mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen kuasi dengan desain Nonequivalent Groups Pretest-Postest. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cibubuan 1 dengan subjek penelitian 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji beda rata-rata terhadap post test   keterampilan berbicara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh p (sig.(2-tailed)=0,000. Hal ini menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keterampilan berbicara anak pada taraf kepercayaan 95 %. Terdapat perbedaan keterampilan berbicara anak sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran melalui metode karyawisata. Pada umumnya anak menjadi mahir menirukan bunyi atau kata-kata, mengungkapkan ide, pikirannya dan perasaannya terkait dengan tema.  Karena pembelajaran melalui metode karyawisata dilaksanakan di luar kelas maka harus didukung oleh kemampuan guru yang baik dan keadaan psikis anak yang baik. Dalam pembelajaran ini diperlukan guru yang aktif, menguasai tema dan mampu mengendalikan anak. Penyelenggaraan pembelajaran selama ini sering di dalam kelas maka diperlukan kreativitas guru untuk mengemas pembelajaran yang variatif agar terbangun motivasi anak untuk belajar, sehingga pembelajaran dapat bermakna bagi anak, khususnya unuk meningkatkan keterampilan berbicara.

article.subject


Keterampilan berbicara, metode karyawisata, sekolah dasar, anak kelas 1

Full Text:

84-92

References


Baillargeon, R., & Scott, RM. (2010). False-belief understanding in infants. Trends in Cognitive Sciences, 14 (3):110–118.

Carey, S. (2009). The Origin of Concepts. Oxford and New York: Oxford University Press.

Gopnik, A., & Wellman, HM. (2012). Reconstructing constructivism: Causal models, Bayesian learning mechanisms, and the theory theory. Psychological Bulletin, 138 (6):1085–1108.

Hildebrand, Verna. (1986). Introduction to Early Childhood Education, 4 th, ed. New York : Mac Millan Publishing Co.

Mahargyani, Arlina Distia, Waluto, Herman J., Saddhono, Kundharu. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1 (1), 138-152.

Moeslihatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak – kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nashruddin, Muhammad Didin, Damayanti, Maryam Isnaini. (2013). Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. 1 (2), 1-8.

Nurbiana, Dhieni. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nusi, Kurniati. (2016). Penerapan Metode Field Trip dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi Palu. E-Journal Bahasantodea. 4(2), 79-88.

Saputra, Ady. (2019). Penerapan Metode Karyawisata dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo). 1 (1), 1-15.

Saxe, R. (2013). The new puzzle of theory of mind development. In: Banaji MR, Gelman SA, editors. Navigating the social world: What infants, children, and other species can teach us. New York: Oxford University Press.

Seefeldt, Carol, Barbour, Nita. (1994). Early Childhood Education. USA: Macmillan College Publishing Company.

Spelke, ES., & Kinzler, KD. (2007). Core knowledge. Developmental Science, 10 (1):89–96.

Sumacher, McMillan (2005). Research in Education. London: Longman.

Warsidi, Edi, Farika. (2007). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Puskurbuk.

Wellman, HM., & Woolley, JD. (1990). From simple desires to ordinary beliefs: The early development of everyday psychology. Cognition, 35 (3):245–275.

Yulia, Desma, Rezky, Mulia. (2018). Efforts to Improve Students Interest in Integrated IPS Subjects Through Leisure Class Method VIIC SMPN 50 Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. 3 (2), 18-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer