LITERASI SAINS UNTUK MEMBANGUN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR
article.abstract
Tujuan penelitian dilakukan yaitu menghasilkan profil analisis kebutuhan siswa tentang literasi sains yang melibatkan strategi graphic organizers for science untuk membangun sikap ilmiah pada siswa SD kelas tinggi dan menghasilkan prototipe bahan ajar literasi sains untuk membangun sikap ilmiah siswa SD. Penelitian ini dilandaskan dengan permasalahan tentang rendahnya kemampuan literasi sains anak Indonesia. Tujuan penelitian dapat dicapai dengan metode penelitian mixed method dengan jenis pengembangan Plomp. Langkah pengembangan Plomp, yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assessment stage. Hasil penelitian pada tahap preliminary research, yaitu: terkajinya analisis profil kurikulum, analisis profil karakteristik siswa, dan analisis profil kebutuhan siswa. Ditemukan bahwa siswa SD cenderung membuka buku pelajaran apabila dalam proses pembelajaran dan mereka menyukai warna merah untuk buku. Namun, mereka kesulitan dalam hal menumbuhkembangkan sikap ilmiah. Sedangkan pada tahap prototyping phase dihasilkan prototipe bahan ajar literasi sains dengan menggunakan strategi graphic organizers for science untuk membangun sikap ilmiah siswa SD yang sudah valid. Prototipe bahan ajar literasi sains siap untuk diujicobakan.
article.subject
Full Text:
1-14References
Alduraby, H., & Liu, J. (2014). Using the Branching Story Approach to Motivate Students’ Interest in Reading. International Electronic Journal of Elementary Education, 6(3), 463–478. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1053745&site=ehost-live
Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.
Deboer, G. E. (2000). Scienti ® c Literacy : Another Look at Its Historical and Contemporary Meanings and Its Relationship to Science Education Reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 582–601.
Dias, N., Dewi, L., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skill Peserta Didik SMP Developing Science Assessment Instrument to Map Critical Thinking and Practical Skill of Junior High School Students. 2(2), 213–222.
Drapeau, P. (2008). Differentiating with graphic organizers: Tools to foster critical and creative thinking. Corwin Press.
FuadSyà ban, M., Wilujeng, I., Manbaul Ulum, Mt., Jenderal Ahmad Yani Km, J., Mahligai Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, J., & Selatan, K. (2016). Pengembangan SSP Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8369
Hendrizal, & Chandra. (2018). Preliminary Research Description In Developing Tematics Learning Materials by Using Character Building and Discovery Learning to Establish Children aged 6-9 Years. International Conference of Early Childhood Education, 169, 95–101. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-17/25889741
Keefe, E. B., & Copeland, S. R. (2011). What is literacy? The power of a definition. Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 36(3–4), 92–99.
Kurnia, R. P., & Suryadarma, I. G. P. (2016). Perangkat Pembelajaran Biologi Kegiatan Ecotourism untuk Mengasah Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Biological Learning Kits for Ecotourism Activity for Sharping Science Process Skills and Attitude of Environment Awareness. 2(2), 230–240.
Liu, X. (2009). Beyond science literacy: Science and the public. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 301–311.
Mediartika, N., Aznam, N., Studi, P., Kimia, T., Islam, U., & Mataram, N. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Fortofolio Berbasis Multiple Intelligence untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah. 4(1), 52–63.
Moje, E. B., Collazo, T., Carrillo, R., & Marx, R. W. (2011). “Maestro, what is ‘quality’?â€: Language, literacy, and discourse in project-based science. Journal of Research in Science Teaching, 38(4), 469–498. https://doi.org/10.1002/tea.1014
Muhammadi, Taufina, & Chandra. (2018a). Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. LITERA, 17(2), 202–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v17i2.16830
Muhammadi, Taufina, & Chandra. (2018b). Literasi Membaca untuk Memantapkan Sosial Siswa Sekolah Dasar. LITERA, 17(2), 202–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v17i2.16830
Murningsih, I. M. T., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 177–189. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.11196
Ngaka, W., & Masaazi, F. M. (2015). Participatory Literacy Learning in an African Context: Perspectives from the Ombaderuku Primary School in the Arua District, Uganda. Journal of Language and Literacy Education, 11(1), 88–108.
Nieto, S. (2013). Language, Literacy, and Culture: Aha! Moments in Personal and Sociopolitical Understanding. Journal of Language and Literacy Education, 9(1), 8–20.
Peña-López, I. (2012). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.
Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46–57.
Plomp, & Nieveen. (2013). An Introduction to Educational Design Research.
Taufina, & Chandra. (2017). Developing the Big Questions and Bookmark Organizers (BQBO) Strategy-Based Reading Literacy Learning Materials in the 4th Grade of Elementary School. International Conference for Science Educators and Teachers, 118(5), 857–864. Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icset-17/25886637
Triplett, C. F. (2002). Dialogic Responsiveness: Toward Synthesis, Complexity, and Holism in Our Reponses to Young Literacy Learners. Journal of Literacy Research, 34(1), 119–158.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer