NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
PENGEMBANGAN LKS TEMATIK BAHASA INDONESIA KELAS V MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR | Fauziah | Jurnal Cakrawala Pendas

PENGEMBANGAN LKS TEMATIK BAHASA INDONESIA KELAS V MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR

Muhardila Fauziah, Yeni Sulaeman, Chandra Chandra

article.abstract


Tujuan pengembangan Lembar kerja siswa (LKS) yaitu menciptakan sebuah LKS tematik yang mencakup empat keterampilan berbahasa dan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam merancang proses pembelajaran dan menjadikan LKS tematik ini produk khusus pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengembangkan LKS peneliti mengunakan model 4D meliputi: "Tahap pendefinisian yaitu Analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis Siswa; tahap Perancangan yaitu Penyusunan Tes kegiatan lesson study mulai dilakukan yaitu perencanaan, uji coba atau LKS digunakan siswa, kemudian dilihat; Tahap Pengembangan dilakukan setelah lesson study, selanjutnya penyebaran dilakukan di dua  sekolah dasar. Hasil yang diperoleh guru mampu menciptakan LKS tematik bahasa Indonesia yang valid dan  praktis pada kegiatan lesson study sehingga LKS tematik bahasa Indonesia ini dapat dinyatakan valid dan paktis digunakan di kelas V sekolah dasar khusus pembelajaran bahasa Indonesia  tema 1.

 

The purpose of Student worksheet development (LKS) is to create a LKS that includes four language skills and improves the professional competence of teachers in designing the learning process and making this thematic LKS a learning-specific product Indonesian language. To develop LKS researchers using models 4D include:  "The definition of necessity analysis, curriculum analysis, and student analysis; Planning phase is the test preparation activity lesson study started to be done planning LKS used students, then seen; The development stage is done after the lesson study, then the spread is done in two elementary schools. The results obtained by the teacher was able to create a valid and practical LKS Indonesian language Thematic in the lesson study so that the Indonesian thematic LKS can be declared valid and the Paktis used in class V elementary School language learning Indonesia Theme 1


article.subject


LKS Tematik, Bahasa Indonesia, Lesson Study

Full Text:

15-22

References


Astuti, Y, and B setiawan. 2013. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Brbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran KooPeratif Pada Materi Kalor.†pendidikan IPA Indonesia 2(1): 88–92.

Budisetyawan, S. 2012. “Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kehidupan Dalam Tumbuhan Kelas VIII Di SMP N 2 Playen.†Pendidikan IPA FMIPA UNY 1(4): 1–6.

Chandra, Mayarnimar, and M. Habibi. 2018. “Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(1): 72–80. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/100050.

Fauziah, Muhardila. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Metode Group Investigationdi Kelas IIIB SDN 05 VI Suku.†Cakrawala Pedagogik 2(2): 169–75. http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/83.

Habibi, M., and Chandra. 2018. “Strategi Direct Writing Activity Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Kelas II SD.†Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar ISSN 2(1). http://103.216.87.80/index.php/jippsd/article/view/100032.

Habibi, M, Chandra, R Mahyuddin, and S Hendri. 2018. “Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools.†Mimbar Sekolah Dasar 5(3): 145–54. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/14501.

Muhammadi, Taufina, and Chandra. 2018. “Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa Sd.†Litera 17(2): 202–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/16830.

N, Resmini, and Dkk. 2009. Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Rahayu, P, S Mulyani, and Miswadi S.S. 2012. “Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study.†pendidikan IPA Indonesia 1(1): 63–70.

Sasmito, luncana faridhoh, and Ali Mustadi. 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Temtik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.†Pendidikan Karakter 5(1): 70–81.

Siskandar. 2017. “Analysis Of The Role Of Teacher And Madrasah Leadership In Implementing.†19(2): 149–58. file:///C:/Users/usergb/Downloads/12194-29239-1-PB.pdf.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Taufina, and Chandra. 2017. “Developing The Big Questions And Bookmark Organizers (Bqbo) Strategy-Based Literacy Reading Learning Materials In The 4th Grade Of Elementary School.†In 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET), Atlantis Press, 857–64. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icset-17/25886637.

Tedjawati, J.M. 2011. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul.†Jurnal pendidikan dan kebudayaan 17: 480–89.

Thobroni, M, and Arif Musthoafa. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.

Widhiartha, and Dkk. 2008. Lesson Study Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidik Non Formal. Surabaya: Prima Printing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer