MENUMBUHKAN KARAKTER BAIK MELALUI PERANAN GURU DI SEKOLAH
article.abstract
Sekolah sebagai suatu organisasi dituntut untuk menjalankan tujuannya yaitu membentuk siswa berkarakter. Tujuan tersebut akan tercapai melalui peran guru. Peranan guru sebagai pendidik adalah membentuk sikap individu sebagai pembelajar yang bertanggung jawab dan mampu mengamalkan ilmunya demi kebaikan diri dan sesama manusia. Pendidikan merupakan penanaman nilai yang diyakini masyarakat tidak sebatas pengetahuan tetapi perlu menyentuh sikap dan perilaku peserta didik. Pengembangan pendidikan berangkat dari nilai individu dan diwujudkan secara holistik, sehingga peserta didik menjadi manusia yang utuh, yakni berkarakter positif, berbudi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia. Untuk mewujudkannya maka peran guru dalam membangun karakter siswa yakni sebagai konservator (pemelihara), sebagai transmitter (penerus) sistem nilai, sebagai transformator (penerjemah) sistem nilai, dan sebagai organisator (penyelenggara) terciptanya proses pendidikan.
Â
Kata Kunci: Karakter Baik, Peran Guru
Full Text:
83-90References
Agboola, Alex, Kaun Chen Tsai .(2013) Bring Character Education into Classroom University of the Incarnate Word. San Antonio, TX, 78209, USA
Baig, Sharifullah .(2013). Teachers' Perceptions of Their Values, Sources of the Values, and Its Influence on Student Personality Development: A Case Study from Pakistan. Aga Khan University
Djahiri, Kosasih .(1996). Menelusuri Dunia Afektif. Lab. Pengajaran PMP. Bandung
Furkan, Nuril (2012). The Implentation of Character Education through the School Culture in SMA Negeri 1 Dompu and SMA Negeri Kilo Dompu Regency graduate school, Yogyakarta State University.
Ghamrawi,Najah A. R. 1.(2015). Perception of Character Education: The Case of Lebanese School Leaders. Faculty of Education, Lebanese University, Beirut, Lebanon
Hakam, Kama Abdul .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung
----------------------------- .(2013) Pengembangan Model Pembudayaan Nilai-Moral dalam Pendidikan Dasar di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 1 Kota Malang, Jawa Timur
Harms, Kristyn Marie, M.S. (2014). The Impact of Character Education Curricula on Youth Educators. Department of Agricultural Leadership, Education, and Communication University of Nebraska
Kesuma, Doni. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Bandung: Rosdakarya
-------------------------- .(2008). Pendidikan Nilai, Value Press: Bandung
Lickona, Thomas (1991), Educating for Character, How Our Schools can Teach Respect and Responsibility, New York, Bantam Books.
----------------------- .(2004). Character Matters, Bumi Aksara: Jakarta
Mulyana. Rohmat. (2013) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Rosdakarya: Bandung
Nurihsan, Ahmad Juntika .(2016). Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Peradaban. Refika Aditama, Bandung
Q-Anees, Bambang dan Hambali, Adang. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‘an.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Syamsuddin Makmun, Abin .(2005). Psikologi Kependidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Ratna, Nyoman Kutha .(2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Revell, Lynn and James Arthur (2012). Character education in schools and the education of teachers. Canterbury Christ Church University, UK
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer