NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/pages/article/ArticleHandler.inc.php:18)
NOTICE: Undefined index: HTTP_KOMINFO (/home/jurnalunma/public_html/lib/pkp/classes/metadata/MetadataDataObjectAdapter.inc.php:23)
MENUMBUHKAN KARAKTER BAIK MELALUI PERANAN GURU DI SEKOLAH | Ansori | Jurnal Cakrawala Pendas

MENUMBUHKAN KARAKTER BAIK MELALUI PERANAN GURU DI SEKOLAH

Yoyo Zakaria Ansori, Sigit Vebrianto Susilo, Tsaniya Farhatina

article.abstract


Sekolah sebagai suatu organisasi dituntut untuk menjalankan tujuannya yaitu membentuk siswa berkarakter. Tujuan tersebut akan tercapai melalui peran guru. Peranan guru sebagai pendidik adalah membentuk sikap individu sebagai pembelajar yang bertanggung jawab dan mampu mengamalkan ilmunya demi kebaikan diri dan sesama manusia. Pendidikan merupakan penanaman nilai yang diyakini masyarakat tidak sebatas pengetahuan tetapi perlu menyentuh sikap dan perilaku peserta didik. Pengembangan pendidikan berangkat dari nilai individu dan diwujudkan secara holistik, sehingga peserta didik menjadi manusia yang utuh, yakni berkarakter positif, berbudi pekerti yang luhur dan berakhlak mulia. Untuk mewujudkannya maka peran guru dalam membangun karakter siswa yakni sebagai konservator (pemelihara), sebagai transmitter (penerus) sistem nilai, sebagai transformator (penerjemah) sistem nilai, dan sebagai organisator (penyelenggara) terciptanya proses pendidikan.

 

Kata Kunci: Karakter Baik, Peran Guru


Full Text:

83-90

References


Agboola, Alex, Kaun Chen Tsai .(2013) Bring Character Education into Classroom University of the Incarnate Word. San Antonio, TX, 78209, USA

Baig, Sharifullah .(2013). Teachers' Perceptions of Their Values, Sources of the Values, and Its Influence on Student Personality Development: A Case Study from Pakistan. Aga Khan University

Djahiri, Kosasih .(1996). Menelusuri Dunia Afektif. Lab. Pengajaran PMP. Bandung

Furkan, Nuril (2012). The Implentation of Character Education through the School Culture in SMA Negeri 1 Dompu and SMA Negeri Kilo Dompu Regency graduate school, Yogyakarta State University.

Ghamrawi,Najah A. R. 1.(2015). Perception of Character Education: The Case of Lebanese School Leaders. Faculty of Education, Lebanese University, Beirut, Lebanon

Hakam, Kama Abdul .(2013). Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. UPI: Bandung

----------------------------- .(2013) Pengembangan Model Pembudayaan Nilai-Moral dalam Pendidikan Dasar di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 1 Kota Malang, Jawa Timur

Harms, Kristyn Marie, M.S. (2014). The Impact of Character Education Curricula on Youth Educators. Department of Agricultural Leadership, Education, and Communication University of Nebraska

Kesuma, Doni. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Bandung: Rosdakarya

-------------------------- .(2008). Pendidikan Nilai, Value Press: Bandung

Lickona, Thomas (1991), Educating for Character, How Our Schools can Teach Respect and Responsibility, New York, Bantam Books.

----------------------- .(2004). Character Matters, Bumi Aksara: Jakarta

Mulyana. Rohmat. (2013) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Rosdakarya: Bandung

Nurihsan, Ahmad Juntika .(2016). Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Peradaban. Refika Aditama, Bandung

Q-Anees, Bambang dan Hambali, Adang. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‘an.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syamsuddin Makmun, Abin .(2005). Psikologi Kependidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung

Ratna, Nyoman Kutha .(2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Revell, Lynn and James Arthur (2012). Character education in schools and the education of teachers. Canterbury Christ Church University, UK

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer