PENINGKATAN KERJA SAMA MELALUI MODEL CYCLE LEARNING 5E BERBANTU MEDIA CITRA SATELIT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
article.abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar melalui model Cycle Learning 5EÂ bantuan media citra satelit. Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yaitu masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Subjek dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV B berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data yang menggunakan lembar sikap kerjasama peserta didik, pedoman wawancara, dan dokumen. Hasil peningkatan yang terjadi dilihat pada setiap siklus. Pada siklus I sikap kerja sama peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 1,61 dengan kreteria kurang dan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 3,05 dengan kreteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Cycle Learning 5E bantuan media citra satelit dapat meningkatkan sikap kerja sama peserta didik tema 8 daerah tempat tinggalku pada peserta didik kelas VI B SD Negeri 1 Karangnanas.
Â
Kata Kunci: Model Cycle Learning 5E, dan Media Citra Satelit.Full Text:
172-183References
Astutik, Sri. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen Pada Pembelajaran Sains di SDN Patrag 1 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 1 (2), 143-153
Hanafiah, N & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: PT Refika Aditama
Johnson, E, B. (2011). CTL: Menjadi kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa
Kemmis, S & Mc Taggart, R. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University
Lillesand, T. M. (1913). Pengindraan Jauh dan Interpretasi Citra. Terjemahan oleh Dlbahri, dkk. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Mujtahidin. (2017). Civid Education di Sekolah. Surabaya: Buku Pustaka Radja
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerja sama Peserta didik melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal. 1 (1), 1-7
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintahan No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretaris Presiden
Shoimin, A. (2014). 64 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Angkasa
Widoyoko, P.E. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarno. (2008). Serbupena Geografi untuk SMA/MA kelas XII.Jakarta: Erlangga
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja sama dalam Pembelajaran Peserta didik Sekolah Dasar pada KurikulPum 2013. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran. 1 (1), 33-3
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer