PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BELAJAR BERSAMA DODO DAN TEMAN-TEMAN UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Arina Restian, Suhesti Maslikah

article.abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media Big Bookbelajar bersama Dodo dan teman-teman untuk pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar yang memiliki tingkat kelayakan sebagai kriteria media untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran tematik dikelas. Peneliti menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pnggunaan media dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran tematik dikelas. Peneliti melakukan validasi media Big Bookmelalui validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran hasilnya yaitu media dapat diuji coba sesuai saran dan komentar dari para ahli. Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi beberapa ahli antara lain perolehan presentase validasi ahli media sebesar 96,6%, perolehan presentase dari ahli materi sebesar 91,6%, perolehan presentase dari ahli bahasa adalah 81,25%, perolehan presentase dari ahli pembelajaran sebesar 93,3%. Penggunaan media Big Book  mendapatkan respon yang sangat baik terhadap pengguna yaitu dengan hasil angket respon siswa dengan presentase sebesar 96% untuk uji coba kelompok kecil dan 96,25 untuk uji coba kelompok besar di SD Muhammadiyah 05 Batu. Hasil penelitian ini, media Big Book pembelajaran tematik disarankan dipergunakan untuk pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar guna membantu siswa dan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menciptakan pembelajaran tematik yang menarik.


Full Text:

141-152

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Ragagrafindo Persada.

Fitriana. 2017. Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas IIIB SD Negeri Jageran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 6.

Fristoni, Subagyo. 2013. Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar.Universitas Negeri Surabaya. 01 Nomor 02.

Haryono, Ari Dwi. 2015. Metode praktis pengembangan sumber dan media pembelajaran. Malang: Genius dan Pustaka Inspiratif.

Kadir, Abd & Asrohah Hanun. 2015. Pembelajaran Tematik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Majid, Abdul. 2017. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Startegi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspaningrum, Dwi Riska & Gunansyah Ganes. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 03 Nomor 02.

Tegeh, I Made dkk. 2014. Model Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Worowirastri, Dyah dkk. 2018. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Volume 4 Nomor 1.

Zulfahmi. 2013. Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktfif, Kreatif, Afektif, dan Menyenangkan (Pakem). Jurnal Al-Ta’lim. Jilid 1 Nomor 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer