PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
article.abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memaksimalkan pembelajaran seperti mengembangkan bahan pembelajaran yang dibutuhkan. Bahan ajar berupa buku teks merupakan salah satu media yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan prosedur penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) Pengembangan bahan ajar (3) validasi bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil tes keterbacaan dari bahan ajar ini juga menunjukkan bahwa kriteria keterbacaan mudah dipahami dengan nilai rata-rata siswa menjadi 88%. Berdasarkan paparan penelitian yang telah dilakukan, pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah dasar berbasis kontekstual dinyatakan valid.
Â
Kata kunci: Bahan Ajar, Kontekstual
Full Text:
100-104References
Majid abdul. (2012). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
R. Rachmadtullah, Z. Ms, and M. S. Sumantri, “Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education,†Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 4, pp. 2035–2038, 2018.
Chaer, Abdul. (2013). Lingustik Umum. Jakarta : Rineka Cipta
Silvia, (2010). Undang-undang Dasar 1945 & Amandemennya. Jakarta : Generasi Cerdas
Susanto. Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Pernadamedia Group.
Saleh. Muhammad. (2015). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis kurikulum 2013 yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa di SMP. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, volume 22, nomor 2.
Abdin. Yunus. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung; Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer