INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KREATIF PADA PENDIDIKAN ABAD 21

Yuyun Dwi Haryanti, Dudu Suhandi Saputra

article.abstract


Berpikir kreatif sangat diperlukan siswa pada pendidikan abad 21. Tantangan pada abad 21 ditandai dengan tantangan yang semakin rumit dan kompleks dimana diperlukan kemampuan berpikir kreatif. Melalui berpikir kreatif siswa dapat menghasilkan sesuatu ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan terutama yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dapat dilakukan melalui pembiasaan dalam proses pembelajaran sehingga mencapai tujuan pendidikan. Ada lima tahapan dalam proses berpikir kreatif yaitu: 1) tahap persiapan, 2) tahap konsentrasi, 3) tahap pengetahuan, 4) tahap pemecahan, dan 4) tahap verifikasi. Guru dalam mengimplementasi proses pembelajaran agar siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif diperlukan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian adalah sebagai berikut: 1) menentukan standar, 2) menentukan konstruk, 3) menentukan tugas autentik yang akan dan harus dilakukan siswa, 4) mengembangkan kriteria penilaian, dan 5) membuat rubrik penilaian. Instrumen penilaian berpikir kreatif dapat digunakan sebagai acuan bagi guru dalam melakukan penilaian berpikir kreatif sehingga penilaian bersifat objektif tidak subjektif.


article.subject


instrumen penilaian, berpikir kreatif, pendidikan abad 21

Full Text:

58-64

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Coon, D. & Mitterer, J.O. (2014). Psychology: A Journey. Fifth Edition. California: Wadsworth, Cengage Learning.

Drapeau, P. (2014). Sparking Student Creativity: Practical Ways to Promote Innovative Thinking and Problem Solving. Virginia: ASCD.

Fautley, M. & Savage, J. (2007). Creativity in Secondary Education. Southernhay East Exeter: Learning Matters Ltd.

Khori, N. dkk. (2017). Teaching Creative Thinking Skills with Laboratory Work. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series P-ISSN: 2549-4635 E-ISSN: 2549-4627 Int. J. Sci. Appl. Sci.: Conf. Ser., Vol. 2 No. 1. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16722/13506.

International Journal of Science and Applied Science: Conference Series P-ISSN: 2549-4635 Int. J. Sci. Appl. Sci.: Conf. Ser., Vol. 2 No. 1 (2017) E-ISSN: 2549-4627

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.

Schermerhorn, J.R., et al. (2010). Organizational Behavior. Eleventh Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Siswoyo T.Y.E. (2014). Developing Teacher Performances To Improving Students Creative Thinking Capabilities In Mathematics: Proceeding Of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014 ISBN.978-979-99314-8-1: Yogyakarta State University. Website:Https://Eprints.Uny.Ac.Id/11593/1/ME66%20Tatag%20yul%20Ek%20Sdf.

Starko, A.J. (2010). Creativity in the Classroom: Schools of Curious Delight. New York: Routledge.

Tan, O. S. (2009). Problem-based learning and Creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Tridaya, T.P., Irwan & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Vol. 1 No. 1 (2012) : Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 : Hal. 22-26. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1152/844.

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer