MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Ujiati Cahyaningsih, Ayu Herlina

article.abstract


Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kususnya pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bekerjasama dengan guru kelas V SD Negeri Genteng II Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Siswa kelas V berjumlah 37 siswa dengan 16 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing  yaitu pada materi daur air. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar evaluasi (butir soal), lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan foto. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan hasil pengamatan sebagai data primer serta dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes akir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terbukti pada pra-siklus rata-rata kelas hanya 64,29 dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 24,32%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 68,89 dengan presentase 51,35%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 77,78 dan presentase ketuntasan siswa 83,78%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siswa kelas V SD Negeri Genteng II.


article.subject


Berpikir Kritis, Model pembelajaran Problem Posing, Pembelajaran IPA

Full Text:

65-69

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Thobroni, M dan Arif Mustofa. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer