PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Een Unaenah, Nurlianti Rahmah

article.abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi model pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SDN Batuceper 1 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Batuceper 1 Tangerang yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal tes berbentuk essay yang terdiri dari 10 soal yang valid dan reliabel. Pengujian hipotesis postest dari hasil uji t diperoleh thitung  2,53 > ttabel 2,08, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Full Text:

116-123

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan-Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eisenkraft, A. (2003, September). Expanding The 5E Model. The Science Teacher, 56-59.

Fisher, A. (2014). Berpikir Kritis-Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, M. (20114). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karso, Suryadi, G., Muhsetyo, G., Chadra, T. D., Widagdo, D., & Priatna, N. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Sean: Unlativersitas Terbuka.

Laelasari, Subroto, T., & K, N. I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dalam Kemampuan Berprestasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Euclid, I(2), 82-92.

Purwanto, N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik-Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Pustaka Mandiri.

Shoimin, A. (2014). 67 Model Pembelajaran Inovatif dalm Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sihotang, K., K, F. R., Molan, B., Ujan, A. A., & Ristyantoro, R. (2012). Critical Thinking-Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenada Media Group.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

W, N. (2008). Ensiklopedia Matematika-Pecahan. Sidoarjo: Citra Adi Bangsa.

Yunarti, T. (2016). Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


submission.copyrightStatement

submission.license.cc.by-sa4.footer