EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
article.abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami konsep IPS terutama dalam konsep ilmu sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Kontrol Group pretest and posttes Design. Penelitian ini menggunakan sampel kelas V pada enam sekolah dasar dengan jumlah seluruhnya 60 siswa setiap kelompoknya yakni SDN Majalengka Kulon I, SDN Majalengka Kulon V, SDN Tarikolot I (kelas eksperimen) dan  SDN Tarikolot II, SDN Cikasarung, dan SDN Leuwikidang (kelas kontrol). Instrumen yangdigunakan meliputi tes pemahman konsep, lembar observasi dan dokumentasi.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi pergerakan melawan penjajah di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik menunjukan bahwa penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) lebih efektif dibanding dengan menggunakan pembelajaran cara konvensional.
Berdasarkan penelitian di atas, sudah selayaknya seorang guru menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa khususnya pada mata pelajaran IPS.
Â
Kata kunci: model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), pemahaman konsep, IPS
Full Text:
19-23References
Anderson, L. W. & krathwohl, D. R. (2010). Taxonomy for learning, teaching, and assessing. New York: Longman.
Carin AA & Sund RB. (2005). Teaching Science Through Discovery. Culumbus: Merril Publishing Company.
Guptha, Madhu & Ahuja Jyoti. (2014). Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC): Impact On Reading Comprehension Achievement In English Among Seventh Graders. IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature. Vol. 2, Issue 5, pp. 37-46.
Jbeili, Ibrahim. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. SPRING: International Journal for Research in Education (IJRE) No. 32.
Marks, Melanie & Barling, Julian. (2012). Does Understanding of Social Learning Principles Influence Children's Behavior?. The Journal of Genetic Psychology: Research and Theory on Human Development. 146(4), pp. 501-505.
Omiyefa & Lijadu. (2014). Utilizing Concepts And Generalizations In Selecting And Organizing Social Studies Contents. Historical Research Letter. Vol.10, pp. 27-32.
Russell, W. B. & Waters, S. (2010). Instructional for Teaching Social Studies: A Survey of What Middle School Students Like and Dislike about Social Studies Instruction. Journal for the Liberial Arts and Sciences. Vol. 14, No. 2.
Saleh, S. (2011). The Level of B.Sc.Ed Students Conceptual Understanding of Newtonian Physics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 1, No. 3.
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2013). Model Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usman, Moh. Uzer. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
submission.copyrightStatement
submission.license.cc.by-sa4.footer