Kebijakan Ujian Nasional di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Budi Febriyanto, Edo Dwi Cahyo

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan Ujian Nasional pada masa pandemi covid 19 yang melanda dunia, khususnya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder berupa buku dan dokumen-dokumen tertulis yaitu artikel jurnal nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak dinyatakan darurat virus Corona (Covid 19) negara Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam rangka memutuskan mata rantai penularan virus Corona. Salah satu upaya yang diperintahkan oleh Presiden RI adalah membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah dengan menggunakan berbagai media digital berbasis internet sebagai penunjang aktivitas pembelajaran dari rumah. Kebijakan peniadaan Ujian Nasional selama masa pandemi pada jenjang pendidikan tingkat SMA atau setingkat Madrasah Aliyah, SMP atau setingkat Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Hal tersebut dijelaskan oleh Presiden Republik Indonesia yang mengatakan bahwa keputusan membatalkan Ujian Nasional selama masa pandemi diambil sebagai respons merebaknya wabah virus corona di Indonesia. Maka dari itu, kelulusan dilakukan dengan cara mempertimbangkan nilai kumulatif siswa selama belajar di sekolah.


Full Text:

224-232

References


Amalia, L., & Marlius, D. (2018). Pengendalian kredit dalam upaya menciptakan bank yang sehat pada pt. bank pembangunan daerah sumatera barat cabang utama padang. Padang: Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.

Asiah, S. (2011). Analisis Kebijakan Ujian Nasional Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Edukasia: Jurnal Pendidikan Islam, 75-92.

Asmi, W. A. (2010). Keemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri "X" Jakarta Selatan. Psikologi. Volume 8 Nomor 1, Juni 2010. . Volume, 86-95.

Baedowi, A. (2015). Potret Pendidikan Kita. Tangerang: Pustaka Alvabet.

Baedowi, A. (2015). Calak Edu 3 Esai-Esai Pendidikan. Tangerang: Pustaka Alvabet.

Daryant. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn, W. (1999). Pengantar Analisa Kebijakan Publik, Samodra Wibawa (Penerj.). Yogyakarta.

Irianto, A. (2013). Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta : Kenana.

Lembah, G. (2012). Analisis Kebijakan Hasil Ujian Nasional Sma/Ma Untuk Memetakan Tingkat Kompetensi Siswa Dan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Di Provinsi Sulawesi Tengah. Untad, 1-15.

Munastiwi, E. (2012). Analısıs Implementası Model Pembelajaran Multımedıa Berbasıs Web. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin, 151-159.

Nugroho, R. (2011). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: OT. Elex Media Komputindo.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Grup.

Saroni. (2010). Orang Miskin Harus Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Setiawan, B. (2008). Agenda Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Soedijarto, P. D. (1993). Menuju Pendidikan Yang Relevan Dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Suhardan, R. E. (2012). Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsi, I. (1996). Kebijaksanaan Publik, Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi, Diktat Mata Kuliah Analisa Kebijakan Publik, FISIPOL UGM, Yogyakarta.

Tantra, D. (2008). Rancangan Induk Ujian Akhir Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional,

Tilaar, H. (2012). Standarisasi Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Budi Febriyanto, Edo Dwi Cahyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: